Ziaroh Jejak WALIPITU :MAKAM IBUNDA SYECH YUSUF ALKHOLWATY ALMAKASSARY

Menziarahi Makam Sitti Aminah Daeng Kunjung, Seorang Wanita Sholehah yang Melahirkan Sufi Mendunia. Siapakah sebenarnya beliau. Berikut ini:

Seorang ibu, tentu menginginkan keturunan yang sholeh dan Sholehah yang senantiasa mengabdi kepada Allah SWT. Sungguh kegembiraan yang sangat luar biasa, dirasakan seorang ibu apabila melihat anaknya selalu dalam ketakwaan. Hari ini saya berkunjung ke makam Sitti Aminah Daeng Kunjung, yang terletak di Jln. Sinassara, Kelurahan Kaluku Bodoa, Kec. Tallo, Kota Makassar.

Tentunya, berziarah ke makam merupakan perintah dari Rasulullah Saw untuk mengingatkan kita kepada kematian juga mengambil hikmah dibalik kisah seorang yang dikunjungi makamnya. Tentunya nama Sitti Aminah Daeng Kunjung, masih sangat asing ditelinga dan bahkan ada banyak orang yang tidak mengetahui sama sekali.
Berbeda ketika saya mengucapkan nama Syekh Yusuf Al Makasary, atau yang biasa disebut “Tuanta Salamaka” pasti semua mengenal karena beliau memang seorang sufi yang mendunia. Namun, tahuka anda ternyata makam yang saya kunjungi ini yang disebut bernama Sitti Aminah Daeng Kunjung adalah makam ibunda Syekh Yusuf Al Makasary?. Yah, Sitti Aminah Daeng Kunjung, memang ibunda dari Syekh Yusuf Al Makasary, namun mengenai siapa ayah dari Syekh Yusuf Al Makasary belum ada data akurat yang bisa dipercayai kebenarannya. Karena ada versi yang mengatakan bahwa, suami dari Sitti Aminah Daeng Kunjung adalah Nabi Khidir, adapun versi yang lain mengatakan suami dari Sitti Daeng Kunjung seorang ulama dari kerajaan Banten. Tapi mengenai ibunda dari Syekh Yusuf, bernama Sitti Aminah Daeng Kunjung yang merupakan kerabat dari kerajaan Gowa Tallo sudah tidak dipertentangkan lagi.

Sitti Aminah Daeng Kunjung, melahirkan Syekh Yusuf Al Makasary pada masa pemerintahan Sultan Alauddin. Syekh Yusuf dilahirkan, pada subuh hari Selasa 3 Juli 1626 di Istana Raja Tallo. Dalam naskah tuo, milik Habib Alwi Pekalongan, pada saat Sitti Aminah Daeng Kunjung dalam keadaan hamil suara-suara yang menyerupai orang yang sedang berdzikir selalu terdengar dalam perut Sitti Aminah Daeng Kunjung, dan saat-saat beliau akan melahirkan suasana di langit Makassar dan Gowa saat itu merah seakan-akan ada kebakaran yang sangat dahsyat pada saat itu, sampai-sampai warga beramai-ramai bergegas ke Gowa karena ada kabar bahwa Istana Kerajaan Gowa terbakar. Namun tidak ada kebakaran yang terjadi, melainkan saat itu merupakan hari kelahiran Syekh Yusuf Al Makasary. (Emmank Labbakeng/SamsulHadi/MenaraMadinah.Com)