Menkopolhukkam RI Pulang Kampung, Ziarah Makam Leluhur

Madura-menaramadinah.com-Menkopolhukkam RI Mahfud MD pagi ini pulang kampung ke Desa Plakpak Pamekasan dan berziarah ke makam leluhurnya.

Di desa Plakpak, tepatnya Dusun Seccang memang terdapat sebuah kompleks pemakaman yang berisi makam para leluhur dan keluarga dekat Menko Mahfud MD, antara lain buyut, kakek, nenek, paman, bibi, orang tua, saudara dan para sepupu.

Ketika diwawancarai pewarta, Mahfud MD menjawab “ziarah saja, sebagaimana biasanya”. Pewarta bertanya “mungkin ada pesan dan kesan untuk masyarakat Pamekasan Bapak?”, Mahfud MD menjawab “ya bukan hanya untuk masyarakat Pamekasan, tapi untuk seluruh masyarakat Indonesia, sudah dulu ya saya buru-buru…”

Dalam kegiatan ziarah leluhur tersebut, Menko Mahfud diikuti oleh banyak sekali rombongan dan istimewanya pembacaan tahlil dan yasin dipimpin sendiri oleh Menko Mahfud MD.

Tampak ikut mendampingi Mahfud MD ziarah, isteri tercinta Zaizatun Nihayati (Bu Mahfud), Warek I Unitomo Siti Marwiyah (adik kandung Mahfud MD) dan Bakal Calon Walikota Surabaya Firman Syah Ali (keponakan Mahfud MD).

Saat ditanya oleh Pewarta, Firman Syah Ali yang akrab disebut Cak Firman menjawab “Pak Mahfud memang sering ziarah ke sini, sesempit apapun waktunya selalu disempatkan”.

Sementara itu warga desa tampak berdiri di tepi jalan melambai ke arah iring-iringan, anak-anak sekolah juga berdiri di depan sekolahnya melambai ke arah rombongan.

Orang tua Menko Mahfud MD memang orang plakpak. Desa Plakpak adalah salah satu desa basis Sarekat Islam/Masyumi di Pamekasan, waktu itu hanya orang tua Menko Mahfud MD dan beberapa orang lagi yang ikut Partai NU.