Kepala BKDSDM : Ada 42 Orang Yang Lolos Administrasi Dari 53 Peserta Assesment

Jember-menaramadinah.com-Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember memasuki tahapan kedua.

Tahapan ini berupa seleksi kompetensi manajerial (assessment), yang berlangsung selama dua hari di BKN Regional II Surabaya, Kamis dan Jum’at, 24 – 25 Oktober 2019.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Jember, Yuliana Harimurti, SE., M.Si., menjelaskan peserta assessment sebanyak 42 orang.

“Dari 53 pendaftar terdapat 42 orang lolos seleksi administrasi yang dilakukan oleh panitia seleksi,” terangnya, Minggu, 27 Oktober 2019.

Para pendaftar menjalani proses assessment oleh para assessor dari Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Tahapan penilaian yang dilalui yaitu proposal writing, psikotes dengan menggunakan metode CAT, diskusi grup, dan wawancara.

Lebih jauh Kepala BKPSDM Jember menjelaskan, hasil assessment akan dipergunakan untuk tahapan seleksi berikutnya.

Tahapan seleksi jabatan terbuka berikutnya yakni penulisan makalah atau uji gagasan yang akan digelar di Kabupaten Jember pada Senin, 04 November 2019.

Pada tahap ini, peserta diminta membuat makalah yang dikerjakan di tempat, untuk kemudian dinilai oleh tim Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

BKPSDM Kabupaten Jember berharap assessment yang dijalani peserta dapat memperoleh data kompetensi masing-masing peserta.

“Sehingga terpenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan dalam jabatan yang dipilih masing-masing peserta,” harap Yuliana.

Untuk anggaran penyelenggaraan seleksi jabatan terbuka ini, Yuliana menjelaskan bahwa kegiatan ini menggunakan APBD Kabupaten Jember 2019 di pos BKPSDM. ( Hrl/Bas)