Study Tour SMPK Santo Realino di Jogjakarta dan Magelang

Madiun.menaramadinah.Keluarga besar SMPK Santo Realino,Bandungan,Saradan,Madiun yang terdiri dari kepala sekolah,guru,karyawan dan peserta didik kelas 8 berangkat dengan satu bis ke Jogjakarta dan Magelang pada Sabtu,5 Oktober 2019 untuk study tour.


Ada 3 tujuan utama study tour mereka yaitu Pantai Parang Tritis di Bantul,Candi Borobudur,Magelang dan Taman Pintar di Jogjakarta.
Di Pantai Parang Tritis ,anak-anak Kelas 8 didampingi bapak/ibu guru menikmati keindahan pesona pantai yang terkenal dengan mitos Ratu Pantai Selatan .Mereka tiba disana menjelang Shubuh.Usai sholat dan mandi,mereka langsung menuju pantai untuk bermain,melihat matahari terbit dan photo.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur ,rombongan dari SMPK Santo Realino singgah di Rumah Makan”Songgo Buwono”Bantul untuk sarapan dengan menu yang menggugah selera disertai pelayanan yang ramah dari pelayan rumah makan.
Sekitar jam 11.00 WIB ,mereka tiba di Candi Borobudur .Di Candi Budha terbesar di Indonesia ini,murid-murid Kelas 8 mendapat tugas dari Pembina English Club(National English Club) yaitu Sir Yogaswara dan Mister Jarwoto untuk melakukan wawancara Bahasa Inggris dengan turis asing yang sedang berlibur dilokasi yang sama.
“Anak-anak Kelas 8 sudah berani praktik speaking dengan bule meskipun belum lancar total,”ujar Sir Yogaswara.
Jadi tujuan terakhir Study Tour yaitu Taman Pintar Jogjakarta,para siswa/siswi Kelas 8 mengamati dan praktik menggunakan macam-macam media belajar dan aneka permainan dan wahana didalamnya.Selain itu mereka juga menyaksikan film dokumenter perjuangan pahlawan bangsa.
“Para pelajar sangat cocok diajak ke Taman Pintar,medianya lengkap dan menarik “, tutur seniman muda Dhimas Candra dari Nganjuk yang ikut rombongan

Anak-anak Kelas 8 SMPK Santo Realino sangat senang dan terkesan dengan Study Tour 2019.Mereka tak hanya jalan-jalan dan shopping,tetapi juga memperoleh wawasan baru untuk melengkapi ilmu pengetahuan yang diperoleh didalam kelas selama ini.

Kepala SMPK Santo Realino Bapak Agus Damiyanto,S.Pd menyatakan bahwa study tour adalah program wajib bagi peserta didik Kelas 8 yang bertujuan sebagai ajang refreshing sekaligus pembelajaran langsung tentang sejarah,budaya,objek wisata dan kecakapan komunikasi Bahasa Inggris yang begitu berguna di era modern sebagai salah satu bahasa internasional.

Bro J,menaramadinah.com