Camat Dan TP PKK Kecamatan Patrang Gelar Posyandu Lansia di Bintoro

Jember-menaramadinah.com- Tepatnya Kamis 10/10/19 di Krajan Kelurahan Bintoro Patrang digelar pos pelayanan terpadu bagi lanjut usia . Posyandu Lansia ini digelar dengan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesehatan para Lanjut usia ini khususnya di Bintoro, pada umumnya di Kecamatan Patrang.

Kegiatan posyandu Lansia ini dihadiri 60 orang lansia yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan , semisal kolesterol, asam urat, selain itu juga mendapat penyuluhan makanan sehat. Bahkan juga dilakukan pemeriksaan penyakit baik itu Diabetus melitus/ kencing manis, Hipertensi/ tekanan darah tinggi dan sebagainya.

Camat Patrang, Drs. Rofiq Sugiarto mengatakan, kegiatan Posyandu Lansia ini adalah merupakan kegiatan rutin, biasanya dilaksanakan pada Minggu kedua dan tiga sedangkan tempatnya selalu berpindah pindah. Untuk yang saat ini adalah hari Kamis tempatnya di Krajan Kelurahan Bintoro.

 

” Jadi Posyandu Lansia ini, selain melakukan pemeriksaan segala macam penyakit pada para lanjut usia ini. Juga melakukan sosialisasi pola makanan yang sehat agar para lanjut usia ini tak sampai kena terserang segala macam penyakit.” Tandas Rofiq Sugiarto Camat Patrang.

Lebih lanjut Rofiq menerangkan, untuk Kecamatan Patrang ini ada 8 Kelurahan, dengan 2 Puskesmas yang mengcover area Kelurahan Gebang, Bintoro, Baratan, Jomerto dan Banjar Sengon adalah Puskesmas Banjar Sengon.

” Sedangkan Puskesmas Patrang meliputi area Kelurahan Patrang, Jember Lor dan Slawu. Untuk Puskesmas selain melakukan pemeriksaan juga membawa alat perlengkapan untuk mengetahui seluruh macam penyakit.” Imbuh Rofiq.

Dia menambahkan, terkait dengan musim kemarau ini dan telah mencapai titik kulminasi ini, pihaknya telah kordinasi dengan BPBD dengan bantuan air bersih sejumlah 5000 liter/ 1tangki setiap hari untuk minum. Sedangkan air yang dari sumur setempat atau warga bisa dibuat mandi atau mencuci.

” Selain itu warga kami himbau untuk membersikan lingkungan sebelum musim penghujan datang, agar tak ditempati sarang nyamuk yang juga bisa membawah penyakit bagi warga seperti Malaria dan Demam berdarah.” Pungkas Rofiq.( Hrl/ Bas )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *