Bupati Buka MTQ ke-XII, Sebanyak 567 Kafilah Ikut Ajang Bergengsi Tingkat Kabupaten Dharmasraya.

 

DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-XII Tingkat Kabupaten Dharmasraya, yang dilaksanakan di Kecamatan Sungai Rumbai. Pembukaan MTQ ini dilaksanakan hari Selasa, (25/06/2024), dan akan dilaksanakan selama tiga hari yaitu dari tanggal 25 sampai tanggal 28 Juni mendatang.

Bupati Dharmasraya dalam sambutannya mengatakan bahwa MTQ sepatutnya mampu menggugah dan menjadi daya tarik serta ruang tersendiri bagi para generasi muda di Kabupaten Dharmasraya. Sekaligus menjadi penyemangat generasi muda untuk mempelajari Al-Qur’an lebih dalam.

“Mari kita jadikan Al Qur’an sebagai nafas kita, sebagai pegangan jalan hidup kita yang hakiki dan sebagai kepribadian kita sebagai seorang muslim. Dan semoga saja, dengan adanya MTQ ini dapat menumbuhkan kecintaan pada kaum generasi muda untuk mencintai Al-Qur’an,” harapnya.

Kata Bupati lagi, bahwa pelaksanaan kegiatan MTQ merupakan upaya dalam membentuk karakter generasi muda Dharmasraya yang unggul, berkarakter, memiliki akhlak yang baik, religius, cinta akan Al-qur’an, berbudaya, kreatif, dan inovatif.

Selain itu, Bupati juga mengucapkan selamat kepada para kafilah MTQ. Selamat berkompetisi dan tunjukkan kemampuan dengan semaksimal mungkin. Sehingga hasil yang diperoleh dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan.

“Saya berharap para peserta dapat mengikuti MTQ dengan sebaik-baiknya, sebagai momentum untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an. Dan ikuti dengan sebaik-baiknya untuk memberikan yang terbaik. Sehingga nantinya para peserta bisa mewakili nama Kabupaten Dharmasraya diajang MTQ tingkat Provinsi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana yang sekaligus menjabat sebagai Camat Sungai Rumbai Arwenta, menyatakan bahwa kafilah yang ikut dalam kegiatan MTQ tahun ini sebanyak 567 orang. Terdiri dari 11 kecamatan se-Kabupaten Dharmasraya, dengan cabang lomba sebanyak 26.

“Sedangkan untuk pemondokan dan tempat lomba tersebar di masing-masing nagari se-Kecamatan Sungai Rumbai. Untuk tempat lomba diantaranya ada di masjid, lapangan dan sekolah,” kata Arwenta.

Kata Arwenta lagi, dengan persiapan yang sangat singkat seluruh jajaran pemerintahan kecamatan dan nagari bersama lapisan masyarakat se-Kecamatan Sungai Rumbai, bahu membahu untuk menyukseskan kegiatan ini.

“Saya sebagai Ketua Panitia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh tamu undangan yang hadir apabila ada pelayanan yang tidak sesuai. Dan kepada seluruh kafilah selamat datang, dan selamat mengikuti perlombaan,” jelas Arwenta lagi.

Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto serta unsur Forkopimda lainnya, Sekda Adlisman beserta jajaran Pemkab Dharmasraya, Ketua TP PKK Ny. Dewi Sutan Riska, Perwakilan Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Dharmasraya, Okto Verisman, dan sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Dharmasraya. (gus)

ket foto
Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-XII Tingkat Kabupaten Dharmasraya.