Haul Bung Karno Ke-54 Situs Ndalem Pojok Ajak Semua Anak Bangsa Mendoakan Sang Proklamator

Kediri-menaramadinah.com-Panitia Haul Bung Karno ke 54 di Situs Rumah masa kecil Presiden Soekarno di Kediri Ds. Pojok Kec. Wates Kab. Kediri mengajak semua anak bangsa Indonesia ikut mendoakan Bapak Bangsa pada malam Haul Bung Karno. Jum’at 21 Juni 2024.

“Monggo hadir di Situs Ndalem Pojok, kita akan menggelar doa bersama lintas agama untuk Bapak Bangsa kita, sang Proklamator Kemerdekaan Bangsa,” kata Tri Handono ketua panitia.

Doa bersama menurut agama dan keyakinan sudah dimulai pagi ini, dengan khataman Alquran dan doa-doa baik yang lain.

“Negara Kesatuan Indonesia ini bersemboyan Bhinneka Tunggal Ika, karena bangsa Indonesia ini memang terdiri dari berbagai macam suku, agama dan keyakinan. Maka pada haul Bung Karno ini kami mengajak semua berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,” ujar Gus Ali Fikri Panitia Khataman Al Qur’an.

Menurut Gus Ali, nanti malam acara akan dilanjutkan dengan doa bersama lintas agama selamatan dan doa melalui tembang-tembang.

“Nanti malam kita lanjutkan dengan doa bersama lintas agama yang dipimpin oleh para tokoh pemuka agama, kemudian ujuban, selamatan dan doa-doa melalui tembang-tembang Jawa,” tambahnya.

Sementara Ketua Harian Situs Persada Soekarno Kediri menambahkan, selain doa bersama acara Haul Bung Karno juga akan diisi dengan diskusi hasil pelurusan sejarah terkait kelahiran Bung Karno yang selama ini kurang mendapatkan perhatian.

“Semalam kita baru pulang dari Singaraja Bali untuk menelusuri kebenaran sejarah kelahiran Bung Karno yang ada di Ploso Jombang. Sebelumnya kita juga sudah menelusur kepada keluarga di Blitar dan Tulungagung,” kata R. Kushartono.

Bagaimana hasilnya? Menurut Kus, cukup menggembirakan dan akan dipaparkan semuanya pada acara Haul Bung Karno nanti malam.* Surya