Peningkatan kemampuan menulis huruf abjad dengan media FINGER PAINTING

Oleh : Yahya Aziz, M PdI Dosen UINSA Surabaya.

Peningkatan Kemampuan Menulis Huruf Abjad Melalui Media Finger Painting Pada Anak Kelompok B di TK El-hijaa Surabaya
adalah riset bimbingan kami bersama Yahya Aziz, Saefullah Azhari, M.Bahri terhadap mahasiswi Reza Al-Haqq Galbi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis huruf abjad pada anak kelompok B1 di TK El-hijaa Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi penilaian siswa. Terlihat dengan jelas dari tulisan anak yang masih lemah dan ukurannya tidak konsisten. Hal ini dikarenakan saat anak memegang pensil belum fleksibel dan kaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media finger painting dalam peningkatan kemampuan menulis huruf abjad di TK El-hijaa Surabaya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kurt lewin. Penelitian ini terdiri dari Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Model Kurt Lewin terdiri dari 4 tahapan: Planning (Perencanaan), Acting (Tindakan), Observing (Observasi) dan Reflecting (Refleksi). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya peningkatan hasil belajar anak tentang kemampuan menulis huruf abjad. Hal ini terbukti dari hasil prosentase yang didapatkan, pada siklus I diperoleh 60% dengan rata-rata 61,7 atau 6 anak yang mendapatkan ketuntasan, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan jumlah anak yang tuntas yaitu 80% dengan rata-rata 79,1 atau 8 anak yang mendapatkan ketuntasan dari 10 anak. (2) penerapan media finger painting dalam kemampuan menulis huruf abjad dapat berjalan dengan baik melihat dari aktivitas guru serta respon dari murid. Hal ini telah terbukti dari hasil aktivitas dari nilai 73% pada siklus I meningkat menjadi 88,5% pada siklus II dan dikategorikan sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil aktivitas anak yaitu diperoleh 66,7% pada siklus I menjadi 85,4% pada siklus II.

Semoga bermanfaat…barakallah…!
Saefullah Azhari, Yahya Aziz Dosen FTK UINSA