Belajar asyik Jurnalistik Siswa-siswi SMP Negeri 3 Rogojampi.

Banyuwangi-menaramadinah.com, Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Jurnalistik, 40 siswa-siswi yang tergabung dalam pengurus OSIS, Dega Pramuka, PMR, Jurnalistik dan PIK-R SMP Negeri 3 Rogojampi menggelar pelatihan jurnalistik dengan mendatangkan narasumber dari Komunitas Jurnalistik Jawa Timur (KJJT)  wilayah Banyuwangi bertempat di Ruang Laboratorium IPA, Jum’at (31/05/2024).


Ketika menaramadinah.com menemui Bunda Yuli Eka Ismarini, S.Pd selaku Kepala Sekolah menyampaikan pelatihan jurnalistik kali ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan kemampuan tambahan bagi para peserta didik dalam rangka menuangkan ide dan pemikirannya ke dalam sebuah karya tulis.

“SMP Negeri 3 Rogojampi dalam melaksanakan kegiatan pelatihan ini bukan saja sekedar mengenal pekerjaan para jurnalis, tapi pelatihan ini memberikan pemahaman yang mendalam bahwa menjadi seorang jurnalis harus memahami berbagai aspek dan disiplin ilmu,” ujar Bunda Yuli

Pelatihan ini dilakukan mengingat SMP Negeti 3 Rogojampi sudah memiliki wadah untuk para siswa-siswinya dalam mengasah kemampuan menulis dengan adanya Majalah Sekolah “Mahal” yang terbit setiap 1 bulan sekali, serta majalah dinding(Mading) yang dikelolah dari masing-masing pengurus ekatrakurikuler yang ada.

Sementara itu Muhammad Fahris,  S.Pd selaku Urusan Kurikulum menyampaikan syukur Alhamdulillah anak-anak memperoleh pelatihan Jurnalitik dengan semangat, senang dan asyik  dari Tim KJJT wilayah Banyuwangi.
Pelatihan yang dipimpin oleh Ricky Sulivan, selaku Ketua KJJT Banyuwangi, menghadirkan sejumlah pemateri. Joko Tama dari Actanews.id memberikan materi tentang dasar-dasar jurnalistik, sementara Nurkholis dari Ganeshaabadi.com mengajarkan teknik penulisan berita. Jajaran KJJT lainnya, seperti Fitron dari suarapecari.com, Yohan dari Banyuwangi.news, dan Ruslan dari Bratapos.com.

Siswa-siswi tidak hanya menerima materi teori, tetapi juga langsung praktek membuat berita dan wawancara. Hasil karya terbaik mereka nantinya akan dipublikasikan di media online, agar dapat memberikan pengalaman nyata dan apresiasi atas usaha para pelajar, jelasnya

Muhammad Fahris, S.Pd  juga menambahkan bahwa pelatihan ini melatih kemampuan public speaking, meningkatkan kepercayaan diri, dan mengarahkan siswa dalam menentukan topik berita seputar kegiatan sekolah. “Harapannya, literasi dan jurnalistik di SMPN 3 Rogojampi semakin maju, berkembang, dan meningkatkan kualitas pengetahuan tentang penulisan berita,” tambahnya. (Rishje)