Pameran dan Bursa Keris di Kediri Masih Berlangsung Minggu, 26 Mei 2024

Kediri-menaramadinah.com-Dalam rangka memperingati dan menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Kediri yang ke-1220 sekaligus menggugah kesadaran generasi muda dan masyarakat luas bahwa kepedulian terhadap seni dan budaya nusantara khususnya tentang tosan aji dan keris, maka Paguyuban tosan aji dan keris Panji Joyoboyo Kediri bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri  menggelar Pagelaran dan Bursa Keris dengan tema “Kediri Parartha Jayati” yang berarti Kediri Sejahtera dan Mulia.

Sabtu – Minggu, 25-26 Mei 2024, kegiatan Pagelaran Keris, bursa, serta sarasehan yang melibatkan, pecinta, pegiat, pelestari Tosan Aji dan Keris dari keresidenan Kediri, diantaranya Jombang, Tulungagung, Blitar, trenggalek, ponorogo, madiun, magetan, Nganjuk, dan lain sebagainya.

“Selain itu kami juga mengundang pegiat, pelestari dan pecinta serta pemerhati keris dari Solo dan jogja,”ujar Bambang Setioko Ketua Panitia Pameran dan Bursa Keris di Kediri.

Keris yang dipamerkan ada sekitar 120 bilah keris dengan kriteria Tangguh Kediri dan tangguh sepuh.

Peserta pameran melibatkan pelestari tosan aji dan keris dari keresidenan kediri, sedangkan bursa dari seluruh jatim, diantaranya Jember, madura, magetan, madiun, dan lain sebagainya.

Husnu Mufid