Bazar kewirausahaan dalam rangka P5 di SMP Negeri 3 Rogojampi.

Banyuwangi-menaramadinah.com,
Sabtu 25 Mei 2024 di halaman SMP Negeri 3 Rogojampi tertata rapi stand-stand bazar dalam rangka Proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5).

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang berfokus pada kewirausahaan. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari tentang kemandirian dalam kewirausahaan.

Pada tahun pelajaran 2023/2024, tema yang diangkat adalah “Nguri-Nguri Kuliner Khas Banyuwangi.” Acara ini berlangsung selama lima hari, dari 20 hingga 26 Mei 2024, di halaman sekolah, dengan menghadirkan setidaknya 6 stand kuliner yang menyajikan makanan dan jajanan khas Banyuwangi

Kepala Sekolah SMPN 3 Rogojampi, Yuli Eka Ismarini, S.Pd., dalam sambutan pembukaan Bazar Kewirausahaan, mengucapkan terima kasih dan kebanggaannya atas terselenggaranya kegiatan ini. “Alhamdulillah, hari ini dapat terlaksana kegiatan P5 kewirausahaan dengan baik, semoga bermanfaat dan melatih kemandirian para pelajar. Terima kasih atas segala kerjasama yang baik,” ucapnya, Sabtu (25/5/2024).

Alifiyah Nurul Laili, S.Pd selaku Urusan Kesiswaan ketika ditemui menaramadinah.com menjelaskan bahwa peserta kegiatan ini adalah siswa kelas 7 dan 8, yang dimulai tanggal 20 Mei 2024.
Selama enam hari, dua hari pertama diisi dengan pemberian materi tentang kewirausahaan, pengelolaan, pengemasan, dan display. Pada hari ketiga, dilakukan persiapan, pembentukan kepanitiaan, estimasi anggaran, hingga pelaksanaan bazar pada hari Sabtu dan hari terakhir Senin (26/5/2024).

Bunda Lily menambahkan, pelaksanaan bazar dilakukan secara bergantian, dengan kelas 8 sebagai penjual pada hari Sabtu dan kelas 7 sebagai pembeli. “Diharapkan dengan kegiatan ini, para pelajar dapat belajar mandiri, berwirausaha, dan berorganisasi mengatur manajemen,” ujarnya. (Rishje).