Menteri Pendidikan RI Naikkan UKT PTN, PC ISNU Jember Gelontorkan 500 Beasiswa Untuk Generasi Muda NU

PC ISNU Jember melakukan langkah yang jitu menghadapi UKT di Peguruan Tinggi Negeri naiknya cukup tinggi di zaman Menteri Pendidikan Nadim Makarim. Seperti apakah langkah jitu PC ISNU Jember untuk menyelamatkan anak bangsa agar bisa kuliah. Berikut ini laporan Pemred menaramadinah.com Husnu Mufid :

Pengurus ISNU  Cabanh  Jember. Bekerjasama dengan Universitas PGRI Argopuro (Unipar) Jember, menyediakan 500 beasiswa bagi anak Nahdliyin. Caranya gampang, tidak sulit. Cukup mengisi formulir yang sudah disiapkan.

Bagi pendaftar, nantinya akan dikumpulkan dalam WhatsApp grup untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

“Kami sudah menjalin MoU dengan Unipar yang kampus ya dekat dengan UNEJ  untuk menyediakan 500 beasiswa. Full, selama empat tahun,” kata Honest Dody Molasy, Ketua PC ISNU Jember.

Beasiswa itu berlaku untuk semua generasi muda NU di seluruh Indonesia yang ingin kuliah di Jember. Sementara ini, pihaknya masih bekerjasama dengan Unipar.

Namun selanjutnya, ada dua universitas lagi yang akan menyusul. Universitas Islam Jember (UIJ) dan Institut Teknologi dan Sains (ITS) Mandala Jember.

“Rencananya, nanti sore kami akan bertemu dengan Rektor UIJ. Dan akhir pekan ini bertemu dengan Rektor ITS Mandala. Semuanya terkait dengan rencana kerjasama pemberian beasiswa,” jelasnya.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (Unej) itu menuturkan, pemberian beasiswa ini memberi kesempatan lebih luas kepada anak warga Nahdliyin, khususnya yang tinggal di pelosok desa, untuk menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi.

Pemberian beasiswa itu dilatarbelakangi cukup banyak pelajar dan generasi muda NU yang memiliki potensi dan semangat tinggi melanjutkan studi, tapi terkendala biaya.

“Saya ingin  beasiswa ini menjadi solusi atas permasalah naiknya UKT saat ini 2024. sehingga anak anak muda NU dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Honest berujar, banyak pengurus ISNU yang berlatar belakang kepala sekolah, guru dan dosen. Sehingga mereka punya akses lebih luas untuk menyampaikan kabar baik tersebut. Pihaknya juga bakal melibatkan seluruh jejaring ISNU dan badan otonom NU lainnya untuk menyosialisasikan program ini.

“Kami juga akan melibatkan kader-kader badan otonom NU seperti IPNU dan IPPNU. Tak hanya menyosialisasikan informasi beasiswa saja, tapi juga mendampingi para pendaftar,” bebernya.

Lantas apa saja syaratnya? Honest menjelaskan, syarat untuk mendapatkan beasiswa itu cukup gampang.

Pertama, lulusan SMA sederajat tiga tahun terakhir, pada 2022, 2023 dan 2024, pendaftar juga mendapatkan rekomendasi dari NU atau badan otonomnya di semua tingkatan.

Kedua, pendaftar juga menyatakan bersedia aktif di kegiatan NU, serta belum menikah atau berencana tidak menikah selama masa studi berlangsung.

Ketiga, sanggup meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik, serta meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3.0. Kemudian, mengisi formulir pendaftaran melalui link yang sudah disediakan.

Keempat, masa pendaftaran akan dibuka pada 23 Mei 2024 sampai 9 Juni 2024. Selanjutnya, semua pendaftar akan menjalani tes tulis dan wawancara pada 10 Juni 2024.

Sementara Wakil Rektor III Unipar Jember Ahmad Zaky Emyus mengatakan,  program 500 beasiswa yang bekerjasama dengan ISNU ini, merupakan upaya lembaganya dalam mendukung pendidikan berkualitas bagi generasi muda Indonesia.

Langkah ini, kata dia, merupakan kontribusi lembaganya untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia.

“Program beasiswa ini dapat mendorong semangat belajar anak  muda NU Sehingga mereka menjadi generasi yang mandiri, kreatif dan cerdas secara intelektual,” pungkasnya.