Siswa-Siswi SMP Negeri 3 Rogojampi Ikuti Simulasi Asesmen Bakat Minat (ABM) tahun 2024.

Banyuwangi-menaramadinah.com,
Hari ini Senin 19 Februari 2024 para siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Rogojampi kelas 9 Kabupaten Banyuwangi antusias dan seriua mengikuti Asesmen Bakat Minat (ABM) 2024 bertempat di Laboratorium Komputer.

Bunda Yuli Eka Ismarini, S.Pd selaku Kepala sekolah menuturkan kegiatan ABM adalah tes untuk mengukur potensi siswa yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.

“Melalui tes ABM 2024, diharapkan dapat menempatkan siswa-siswi pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran,” katanya saat bertemu media menaramadinah.com

Ia juga menjelaskan, tes ABM 2024 yang dikhususkan untuk siswa-siswi kelas 9 berbeda dengan tes prestasi untuk akademik. Namun disusun berdasarkan silabus mata pelajaran tertentu, sehingga dalam menjawab soal lebih tergantung pada daya nalar siswa.

Lebih lanjut bunda Yuli menjelaskan Tujuan pelayanan tes ABM 2024 adalah untuk memberikan informasi ke satuan pendidikan mengenai potensi siswa-siswi pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya,” ucapnya.

Adapun aspek-aspek yang diukur dalam asesmen bakat terdiri atas verbal, kuantitatif, penalaran, figural, mekanikal, penggunaan bahasa,dan klerikal serta dilengkapi dengan asesmen minat.

“Untuk susksesnya kegiatan ABM 2024 sekolah melibatkan Urusan Kurikukum, Guru BP/BK serta Operator sekolah, adapun  siswa-siswi SMP Negeri 3 Rogojampi untuk pelaksanaan asesmen akan berlangsung pada tanggal 19 – 23 Februari 2024 dan 26 Februari sampai 1 Maret 2024, secara bergiliran yang diatur sesuai kelompok kelasnya masing-masing, pungkasnya. (Rishje)