MEDITASI PAMUNGKAS

Drs. Haryadi
Pendiri dan pelatih perguruan Pamungkas

ARTI MEDITASI
Kata meditasi bukanlah sesuatu yang asing bagi kita, sebab meditasi sudah dipraktekkan pada banyak peradaban manusia, seperti dalam kebudayaan Cina, Tibet, India, Jepang dan Korea, hingga sampai pada kebudayaan Barat yang modern. Bahkan meditasi juga dikenal di negeri kita ini sejak berpuluh-puluh abad yang lalu, kendati memiliki istilah yang berbeda namun ada kesamaan dalam prakteknya dan manfaatnya.

Setiap orang dapat secara bebas memberikan nilai-nilai tersendiri tentang arti meditasi bagi kehidupannya. Dari sudut pandang manapun kita memahami meditasi, tidak menjadi masalah yang terpenting adalah sejauh mana kita mempraktek-kannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu hanya dengan mempraktekkan meditasi, orang bisa merasakan manfaat suatu perjalanan meditasi.

Meditasi adalah suatu proses yang disadari untuk memusatkan perhatian yang banyak menjadi satu perhatian dalam mencapai tujuan tertentu.

WAKTU MEDITASI
Pada prinsipnya meditasi dapat dilakukan kapan saja. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar meditasi membawa manfaat sesuai yang diharap.

Apabila kita menganggap bahwa meditasi adalah bagian dari kegiatan hidup, maka sebaiknya meditasi dilakukan setelah ibadah malam dan setelah ibadah pagi. Namun, apabila meditasi bagi kita adalah suatu proses perjalanan hidup kita, maka meditasi dapat dilakukan kapan saja, saat kita siap melakukan.

TEMPAT MEDITASI
Meditasi dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, di rumah, di kantor, di taman rekreasi ataupun di tempat-tempat ibadah. Tetapi melakukan meditasi di keramaian tentunya akan menjadi gangguan, terutama bagi pemula, oleh karena itu, tempat terbaik melakukan. meditasi adalah tempat dimana kita biasa melakukan ibadah, atau ruangan dimana kita biasa berdo’a, tempat tersebut akan memberikan rasa nyaman dan tenteram dibandingkan tempat-tempat yang lain.

Bagi yang telah biasa mempraktekkannya, meditasi dapat dilakukan di mana saja, di rumah, di kantor di atas tempat kendaraan bus dan kereta api atau di tempat-tempat yang dianggap nyaman.

Dengan menjalani hidup bermeditasi diharapkan anda akan menjumpai penghayatan hidup yang lebih bijak. Dengan demikian dapat menjawab impian-impian anda, agar dapat menggapai kualitas hidup yang lebih baik.

Hal tersebut tentunya baru dapat anda capai bila anda meyakini dan memahami dengan baik bahwa setiap manusia memiliki suatu kekuatan yang dahsyat, yang dapat mengubah serta membangun hidup yang lebih baik, yang tentunya tidak terlepas dari keyakinan bahwa semuanya seijin dari Allah, Tuhan Yang Maha Esa, sumber dari segala kehidupan anda.

Bermeditasi harus dilakukan secara berkesinambungan, sehingga setiap saat anda memejamkan mata, afirmasi anda akan secara otomatis muncul dalam diri anda, yang kemudian pikiran bawah sadar anda akan merekam dan menjelmakannya menjadi realita sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Proses meditasi memerkukan waktu sekitar 15 – 30 menit. Jangan lakukan kalau anda tidak punya waktu yang cukup, karena melakukan meditasi tergesa-gesa dan gelisah tidak ada manfaatnya. Lakukan meditasi dengan penuh ketenangan, ketentraman dan kewaspadaan, sehingga akan anda dapatkan secara maksimal manfaatnya.

Untuk memahami meditasi dengan baik, hanya dibutuhkan kesediaan untuk membuka pikiran dengan seluas-luasnya, dalam menyiapkan diri untuk kemungkinan sudut pandang yang baru dan mungkin berbeda. Sejak berdirinya tahun 1995, Perguruan Pamungkas telah mengajarkan meditasi ini pada ribuan para anggota. Alhamdulillah banyak yang telah mendapat manfaatnya. Adapun jenis meditasi yang di ajarkan meliputi meditasi untuk perlindungan, kontak batin, daya cipta, keshatan/penyembuhan, proyeksi astral, muhasabah dan syukur. Kali ini akan kami ajarkan contoh meditasi daya cipta. Jika ada yang kesulitan segera hubungi saya di Perguruan Pamungkas atau WA 085259569898

SEMOGA BERMANFAAT

 

MEDITASI DAYA CIPTA
1. Duduklah dengan rileks dengan kaki kanan menumpang di atas kaki kiri atau duduklah di kursi yang nyaman. Letakkan kedua telapak tangan di bawah pusar dengan terbuka menghadap ke atas. Posisi tulang punggung tegak lurus dengan kepala. Kendorkan seluruh otot-otot tubuh. Kemudian berdoalah sesuai agama Anda.

2. Pejamkan mata pelan-pelan dan tutup mulut anda. Tenangkan hati dan pikiran. Pusatkan sepenuhnya perhatian pada jalannya latihan.

3. Pusatkan kesadaran Anda secara bergantian pada masing-masing anggota badan, dari kepala hingga di telapak kaki Anda. Sugestikan agar seluruh otot-otot badan menjadi rilaks. Sugestikan dengan mengatakan “ dengan ijin Allah tulang dan otot syaraf bagian kepala saya sehat, kuat dan relaksasi” Sterusnya katakan seperti itu di setiap bagian-bagian tubuh Anda.

4. Sambil merasakan keluar masuknya nafas tentukan tujuan dan kemudian bayangkan
sesuatu keinginan yang selama ini Anda harapkan.

5. Sambil tetap mempertahankan ada pada bayangan keinginan Anda, kemudian
bacalah dalam hati doa sebagai berikut berulang-ulang dengan penuh
keyakinan.”Yaa Fattaah Yaa rozzak ” Lakukan minimal selama 15 menit.

6. Sambil tetap mempertahankan ada pada bayangan/gambaran mental keinginan
Anda, tariklah nafas perlahan-lahan yang seolah-olah Anda sedang menarik
bayangan keinginan tersebut menjadi suatu kenyataan.

7. Tahan dan tekan kearah bawah pusar, sambil mengucapkan afirmasi “Dengan ijin
dan kuasa Allah, saya telah memiliki..(sebutkan!), maka terjadilah. Kemudian
keluarkan nafas perlahan-lahan dengan disertai rasa penuh kepercayaan dan
keyakinan, bahwa dalam waktu dekat keinginan Anda akan menjadi suatu
kenyataan.

8. Sekarang pusatkan perhatian kembali pada keluar masuknya napas lewat hidung. Rasakan ketenangan dan kebahagian dalam jiwaraga Anda. Rasakan seluruh tubuh bertenaga kembali. Setelah seluruh tubuh dalam keadaan normal kembali, bukalah mata pelan-pelan!