Visit Kampus dan Ekplor Wisata SMA Negeri 1 Karangbinangin, Kab.Lamongan di Yogyakarta (2-Habis)

Lamongan, Menaramadinah.com. Tidak ada pakar atau praktisi dan insan pendidikan manapun yang menganggap sepele terhadap kegiatan Kunjungan kampus. Karena hal ini cukup penting dilakukan oleh peserta didik kelas XII SMA di sebuah lembaga manapun karena dengan kegiatan studi kampus, peserta didik dapat mengetahui secara langsung jalur untuk masuk ke perguruan tinggi yang akan dituju.

Selain itu, kegiatan studi kampus juga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan peserta didik sehingga lebih siap untuk masuk di perguruan tinggi yang diminati.

Sebagai kelanjutan kegiatan visit kampus SMA N 1 Karangbinangun, Lamongan di Yogyakarta, di hari kedua sesuai jadwal berkunjung ke kampus UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) di Jalan Colombo No.1 Caturtunggal, Depok, Yogyakarta
Kamis (14/12/2023).

Rombongan dari Smankar disesepuhi Drs.H. Akhiyat, M.Pd, dan diterima oleh Deddy Hardito, M.M, Pranata Humas dan Promosi UNY.

Abah Akhiat, mengharap kunjungan kampus ini sebagai wadah bagi para siswa menggali informasi seputar dunia pendidikan tinggi. Sedangkan Dedy menyampaikan apresiasinya terhadap kunjungan Smankar ini. Dengan gaya humoris dan joke-joke segarnya, memberikan pemaparannya terkait profil jurusan dan fakultas secara singkat.

Ia berharap kunjungan ini bisa membuat siswa lebih termotivasi untuk meningkatkan prestasinya. Tak lupa, ia juga memberikan berbagai tips agar para siswa bisa diterima kelak di UNY melalui berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru.

Dalam visit kampus ini, rombongan Smankar juga berkesempatan untuk mengunjungi wisata alam Gamplong atau yang lebih termasyur sebagai Studio Alam Gamplong yang berlokasi di Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Moyudan, Sleman.

Wisata baru yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Juli 2018, ini ceritanya dijadikan lokasi syuting atau pengambilan gambar untuk film milik sutradara Hanung Bramantyo berjudul Sultan Agung: The Untold Love Story di tahun 2017.

Tidak hanya itu, film Bumi Manusia yang diangkat dari Novel karya Pramudya Anantatoer
juga melakukan pengambilan gambar di sana. Namun seusai pengambilan film selesai, set yang telah didirikan tidak dirobohkan namun diberikan kepada Bupati Sleman saat itu Sri Purnomo.

Di Gamplong ini siswa Smankar terlihat asyik untuk berfoto bersama dan Selfi karena tempat yang
Instagramable dan bergaya bangunan-bangunan Indonesia abad ke-16 dan 17 ini sangat cocok untuk dijadikan spot berfoto, seperti Pendopo Serbaguna, Zona Replika Kranggan Surabaya, Pecinan, Benteng VOC, dan rumah tingkat yang terbuat dari kayu.

Sedangkan sore hingga malam hari, tidak lupa rombongan Smankar refres dan menikmati suasana keramaian di Jl. Malioboro untuk mencari kuliner khas Yogya seperti gudeg, sambelan hingga buah tangan untuk keluarga.
*DANAR SP*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *