Mengenal Ki Buyut Terik Dalam Upacara Adat Nyanggring, didesa Tlemang Kecamatan Ngimbang Lamongan

 

 

Mendak Sangring mulai diadakan  tanggal  24 sampai 27 di bulan Jumadil Awal tahun Hijriyah. Bukan memakai  tahun Masehi pada umumnya. Seperti apakah. Berikut ini laporan Pemred menaramadinah.com Husnu Mufid :

 

Kemarin diadakan    bertepatan 9-12 Desember 2023. Tujuannya adalah  melestarikan budaya leluhur yang penuh dengan kearifan lokal dan ini bisa diaplikasikan sebagai Desa Wisata budaya dan alam beserta kuliner khas Sanggring berupa kare ayam.

Mendhak Sangring ini  merupakan  masakan warisan leluhur. Sejak zaman Ki Buyut Terik murid Sunan Prapen masih hidup

Khasiat  Mendhak Sangring di percayai untuk bisa nengobati penyakit. Karena masakan mengadung rempah rempah. Namun sebelum menasak   ada  lantunan doa dulu. Yang memasaknya adalah  para lelaki   tempatnya di depan rumah Kepala Adat atau bapak  Kades Terpilih.

Masak Mendak Sangring 1 kali setahun di waktu peringatan Haul Ki Buyut Terik atau di Hari Sedekah Bumi Desa untuk tolak balak agar masyarakat terhindar dari mara bahaya dan mewujutkan masyarakat ayem tenrem lan loh jinawe

“Saat prosesi Mendhak  Sangring yang datang dari  seluruh Penduduk Desa Tlemang dan tetangga desa karena acara rutinan,”ujar RTg. Harun Setiawan Dirjo Kusumo Ketua DPD Matra Lamongan.

Para undangan dihadiri juga Bupati Lamongan Pak Yes dan Jajarannya Ketua DPD matra LA Rtg Dirjo Kusumo dan Pengurusnya.

Sedangkan Kapolres diwakaili Waka Kompol Akay dan Juga Dandim diwakilkan Kasdim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *