Prodi Desain Komunikasi Visual FBS Unesa Mengembangkan Media Promosi UMKM Ecoprint Sekar Widuri Mojosari

 

Keberadaan Prodi Desain Komunikasi Visual FBS  Unesa suku bagus dalam pengembangan Media Promosi UMKM Ecoprint Sekar Widuri Mojosari Mojokerto. Berikut ini hasil wawancara wartawan menaramadinah.com Husnu Mufid dengan PKM Unesa :

Pertanyaan pertama, Fakultas Bahasa dan Seni Prodi Desain Komunikasi Visual  Universitas Negeri Surabaya akan mengadakan apa dan dimana?

Sebagai implementasi Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Desain Komunikasi Visual FBS Unesa bermitra dengan Sekar Widuri sebagai UMKM yang mengembangkan dan memproduksi ecoprint di Mojosari, Mojokerto.

Strategi media promosi diharapkan dapat meningkatkan penjualan serta memberi awareness kepada masyarakat tentang ecoprint yang dihasilkan oleh UMKM Sekar Widuri. Jenis bahan yang digunakan merupakan jenis bahan daurulang yang ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan tujuan pembuatan produk  ecoprint.

 

Pertanyaan kedua, tempat kegiatan dimana dan menggunakan sarana apa. Diikuti oleh berapa mahasiswa

Perancangan media promosi ini akan dipresentasikan oleh Tim PKM bersama dua mahasiswa Desain Komunikasi Visual FBS Unesa di desa Seduri, Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto tepatnya dirumah ibu Imsyak selaku pemilik UMKM Sekar Widuri.  pada hari minggu tanggal 23 September 2023, mulai jam 09.00 – 11.00 WIB. Tim PKM juga akan  mengobservasi dan menampung permasalahan yang dialami oleh UMKM selama ini. Tim PKM berusaha menjemput bola drngan berdiskusi secara intensif.

 

Pertanyaan ketiga, tujuan dan manfaatnya apa dari kegiatan tersebut

UMKM Sekar Widuri saat ini hanya berptomosi di media sosial IG saja, namun setelah didalami lebih jauh, benyak sekali media promosi yang belum tersentuh dan dibuat. Sekar Widuri belum memiliki logo yang konsisten terkait produk ecoprintnya. Selain itu beberap media juga belum ada seperti, kemasan, kartu nama, price tsg, dan x banner. Media di desain berdasarkan permintaan dari ibu Imsyak selaku pemilik UMKM Sekar Widuri Mojosari, Strategi media promosi yang sudah dirancang oleh Tim PKM dan mahasiswa  melalui kegiatan PKM ini diharapkan UMKM Sekar Widuri dapat mengenalkan produk ecoprintnya lebih banyak di kalangan masyarakat luas  dan dapat meningkatkan nilai jual.