Ajang Tour of Kemala Bhayangkari Promosikan Pariwisata Banyuwangi.

Banyuwangi-menaramadinah.com, Ajang balap sepeda nasional Tour of Kemala 2023 terselenggara berkat kolaborasi Yayasan Kemala Bhayangkari dan PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi , mengambil start-finish di Pantai Boom Banyuwangi, 7-8 Oktober 2023.

Para penggemar balap sepeda dari seluruh penjuru berbondong-bondong datang untuk menyaksikan dan ikut serta dalam Tour of Kemala Bhayangkari di Banyuwangi.

Tour of Kemala ini pun memberikan angin segar bagi bisnis hotel maupun perekonomian termasuk UMKM di Banyuwangi. Hal ini sesuai dengan harapan Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa.

“Tujuan utama event ini adalah mempromosikan ekonomi lokal, gaya hidup sehat, dan kelestarian lingkungan, ” kata Kombes Pol Deddy.
Event Tour Of Kemala ini akan diikuti 1.420 pembalap, termasuk peserta internasional. Dalam event ini terbagi dua kategori.
Pertama, balapan sejauh 128 kilometer (KM) untuk peserta profesional nasional dan internasional yang berkompetisi memperebutkan hadiah senilai Rp 552 juta.
Sementara pada hari kedua, ada tour sepanjang 55 KM yang bisa diikuti peserta non-profesional dengan hadiah sebesar Rp 330 juta.
Diantara ribuan peserta goes nampak terlihat Ketua STIK – PTIK Lemdiklat Polri Irjen Pol Niko Afinta juga turut mengikuti kegiatan ini.

Panitia juga mencatat sejumlah peserta internasional yang mendaftar dari empat negara, yakni Thailand, Filipina, Malaysia, dan Australia.

Start dimulai dari Pantai Boom Marina, lalu peserta mengayuh sepedanya melewati jalanan yang menurun dan beberapa tanjakan, dengan rute sangat menantang.
Para peserta akan melewati beberapa lokasi wisata dan tempat-tempat ikonik di Banyuwangi seperti, Taman Sritanjung, Simpang Lima, Desa Adat Wisata Osing Kemiren hingga Bandara Blimbingsari.

Even Tour of Kemala 2023 hari pertama ( 7 / 10/2023 ) resmi dibuka oleh Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo, didampingi oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Wakil Ketua Umum Bhayangkari, Evi Agus Andrianto, Ketua! Pengurus Yayasan Bhayangkari Diana Ahmad Dofiri, dan Sekjen PB ISSI Parama Nugroho.

Juliati Sigit Prabowo yang juga Ketua Umum Bhayangkari mengapresiasi! penyelenggaraan Tour of Kemala 2023 di Banyuwangi, yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Ia berharap acara ini dapat menjadi ajang promosi pariwisata dan olahraga sepeda di tanah air.

“Tour of Kemala 2023 ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap pengembangan olahraga sepeda di Indonesia. Kami berterima kasih kepada Pemkab Banyuwangi yang telah mendukung penuh acara ini dan menyediakan lokasi yang sangat indah dan menantang untuk para peserta,” kata Juliati.

“Kami juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah bersemangat mengikuti Tour of Kemala 2023 ini. Semoga acara ini berjalan lancar, aman, dan sukses,” tambahnya.

Dia menambahkan, Tour of Kemala, diproyeksikan untuk menjadi agenda kegiatan tahunan untuk dilakukan di berbagai wilayah Indonesia dengan dukungan PB ISSI. Ajang tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit unggul atlet sepeda nasional melalui kategori race.

Semenrara menurut Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiendani , 4.000 Orang Ramaikan Tour of Kemala, Berkah Ekonomi bagi Warga.

Syukur Alhamdulillah, Kabupaten Banyuwangi kembali dipercaya sebagai tuan rumah ajang sport tourism nasional. Kali ini Banyuwangi menjadi lokasi perhelatan balap sepeda nasional, Tour of Kemala 2023.

Ajang ini diikuti oleh lebih dari 1.400 peserta dari dalam dan luar negeri, termasuk atlet nasional dan internasional; belum termasuk kru dan pendamping. Total ada 4.000 orang dari luar Banyuwangi menyerbu kabupaten ujung timur Jawa tersebut sejak beberapa hari terakhir, pungkas Ipuk.(Rishje*)