Screening Kepada Siswa SMP N 2 Rogojampi; 18 Tim Medis Diturunkan.

Banyuwangi-menaramadinah.com, SMP Negeri 2 Rogojampi  bekerjasama dengan Puskesmas melakukan kegiatan Screening kepada siswa. Delapan belas orang tenaga medis dari Puskesmas Rogojampi diturunkan. Selasa (26/09/2023).

Kegiatan mendeteksi terhadap penyakit tidak menular di ikuti siswa kelas 7, 8 dan 9 diruang kelas sekolah pada Selasa 26 September 2023.

Kepala Puskesmas Rogojampi, Drg. Ai Nurul Hidayah memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi remaja dan obat-obatan.

“Pemeriksaan ini meliputi hipertensi, gula darah, diabetes melitus, pertumbuhan dan perkembangan anak, serta kesehatan gigi dan mata,” jelasnya.
Kemudian, kata Nurul,” Pemeriksaan meliputi mata, telinga juga kesehatan alat reproduksi,” ucap Nurul.

Bagi para siswa sendiri kegiatan screening kesehatan tersebut banyak keuntungan, mereka bisa mengetahui kondisi kesehatan dan penyakit yang mungkin diderita siswa.
Penjaringan kesehatan anak Sekolah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi siswa yang memiliki masalah kesehatan.

“agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik.” Tutup Nurul.
Proses rangkaian Screening meliputi pemeriksaan rambut, kulit dan kuku. pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri, pemeriksaan ketajaman mata, pendengaran, gigi dan mulut.
Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Marhenyantoro, S.Pd, SH, MM mengatakan ada 756 siswa yang mengikuti kegiatan Screening dari kelas 7, 8 dan 9.
“Ini adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi siswa secara dini, agar segera mendapatkan penanganan.

Ini juga untuk informasi perkembangan kesehatan peserta didik,” jelasnya.
Marhen berharap, kegiatan Screening disekolah agar terus rutin dilaksanakan demi memantau dan menjaga kesehatan.
Tenaga kesehatan yang menangani meliputi Dokter Umum, Dokter Gigi, tim Gizi, Farmasi, Labor serta Bidan dan Perawat. Mereka melaksanakan pemeriksaan kesehatan dengan teliti dan penuh kesabaran.(Rishje*)