Festival Entrepreneur Pelajar 2023 menampilkan karya-karya kreatif dan inovatif.

Banyuwangi-menaramadinah.com, Festival Entrepreneur pelajar
menjadi wadah pelajar SMP sederajat digelar di Creative Hub Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu ( 23/09/2023).

Para pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Banyuwangi menggelar Festival Entrepreneur. Hal ini, menurut Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani sebagai bagian dari upaya merangsang mereka untuk menjadi entrepreneurship yang bisa memberdayakan masyarakat luas.

“Semoga nanti akan melahirkan jiwa-jiwa wirausaha yang memberdayakan. Baik bagi penemunya sendiri, maupun bagi masyarakat luas,” harapnya.
Ipuk meminta kepada para guru bisa mengembangkan bakat eksploratif para peserta didik.

“Festival ini merupakan upaya untuk mendorong generasi muda yang kreatif dan inovatif, sehingga dari ide-ide kreasinya kelak mereka bisa memperoleh penghasilan,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meninjau Festival Entrepreneur Pelajar
Bupati Ipuk mengaku takjub dan bangga dengan kreasi produk pelajar SMP/MTs se-Banyuwangi itu. Ada yang membuat lukisan kaca, sepatu lukis, batik jumputan, aneka buket snack, dan lainnya yang sangat menarik.

Bupati Ipuk mengaku takjub dan bangga dengan kreasi produk pelajar SMP/MTs se-Banyuwangi itu. Ada yang membuat lukisan kaca, sepatu lukis, batik jumputan, aneka buket snack, dan lainnya yang sangat menarik, karya-karya kreatif dan inovatif diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dalam rangka memberdayakan tumbuhnya jiwa pebisnis atau pengusaha kepada pelajar SMP/MTs di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu lewat Festival Entrepreneur
Pelajar 2023.

Menurut Ipuk, jiwa kewirausahaan perlu diasah sejak dini dan disrupsi yang terjadi dewasa ini memunculkan banyak peluang baru yang bisa digali para entrepreneur.
“Ini sarana yang kami buat untuk membentuk karakter anak agar mampu menangkap peluang dan cakap berinovasi,” ujarnya.

“Festival ini tidak sekadar ajang pameran, tapi sebetulnya ini mendorong tumbuhnya jiwa entrepreneur yang bisa siswa kembangkan kelak,” kata Ipuk.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Suratno menjelaskan Festival Entrepreneur Pelajar tahun ini berbasis pada mata pelajaran prakarya seni budaya, teknologi informasi dan komunikasi

“Sehingga nanti para peserta didik diharapkan mampu menyelesaikan permasalah dengan cara yang kreatif,” ujar Suratno.
Dengan pendekatan tersebut, lanjut Suratno, diharapkan akan melahirkan para pelajar yang memiliki semangat inventor. “Sebagaimana semangat acara hari ini, kita juga mendorong mereka bisa menguasai sains sekaligus memiliki jiwa entrepreneur,” imbuh Suratno.

Salah satu pelajar yang turut berkarya saat pameran adalah Osa Kirana . Siswa kelas IX SMPN 2 Rogojampi itu performa dan menampilkan lukisan kaca yang menarik perhatian Bupati Ipuk saat berkeliling meninjau pameran.

“Saya senang dapat ikut acara ini. Saya bersemangat untuk terus mengembangkan kemampuan saya di bidang seni kriya ” ungkapnya.(Rishje*)