DEPARTEMEN AGROINDUSTRI UNIVERSITAS NEGERI PADANG (UNP) GELAR PENGABDIAN MASYARAKAT

 

SJUNJUNG -Departemen Agroindustri Universitas Negeri Padang (UNP) Kampus sijunjung menggelar pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Nagari Kunangan Parit Rantang, Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat medio Agustus 2023.

Kegiatan di Pimpin oleh Ananto, S.TP., M.Si sebagai Ketua dengan anggota Dr. Vauzia, M.Si dan Andi Alatas, SP., M.Sc

“Kegiatan merupakan Pelakasanaan dari Tri Darma Perguruan Tinggi, tentang Pengabdian masyarakat” urai Ananto senin (11/09/2023)

Lanjut Ananto dalam Pengabdian ini tim kolaborasi dengan Masyarakat, untuk membangun jiwa kewirausahaan yang tangguh dengan tema PENGEMBANGAN CRISPY JAMUR TIRAM ORGANIK DENGAN BERBAGAI RASA DALAM RANGKA MEMBANGUN JIWA ENTREPRENEUR.

“Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu Pelatihan, Diskusi dan Tanya Jawab serta Demo pembuatan krispy jamur tiram.” beber Ananto.

Dalam kegiatan pengabdian ini lanjut Ananto, S.TP., M.Si juga disampaikan materi tentang pemasaran dan pengolahan jamur tiram, karena selama ini produk jamur tiram dari kelompok tani tersebut dijual dalam keadaan segar dan belum ada pengolahan lebih lanjut. Berdasarkan permasalahan tersebut Departemen Agroindustri mengajak kelompok tani dan Ibu ibu PKK Jorong Mekar Jaya untuk membuat inovasi produk dari jamur tiram berupa keripik jamur tiram crispy serta membekali kelompok tani dalam proses pemasaran, promosi produk.

“Selama penyampaian materi, peserta dari kelompok tani dan ibu-ibu PKK di Nagari Kunangan Parit Rantang sangat antusias dan aktif bertanya.
Antusiasme Kelompok tani dan Ibu ibu PKK semakin meningkat saat pratik pembuatan keripik jamur tiram crispy, dari pengolahan jamur yang masih segar sampai menjadi keripik yang tidak banyak mengandung minyak dan memiliki banyak varian rasa.” Ujar
Ananto

Hadir dalam kegitan ini Dosen-Dosen Departemen Agroindustri Universitas Negeri Padang Kampus Sijunjung, Mahasiswa, Kelompok tani Jamur Jaya, Tokoh masyarakat, serta Tim ibu-ibu PKK Jorong Mekarjaya Sungai Tenang sebanyak 25 orang

“Kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik berkat dukungan LP2M Universitas Negeri Padang.
Kedepannya kelompok tani dan Ibu ibu PKK berharap nantinya bisa menerapkan jiwa entrepreneur dalam kegiatan usaha jamur yang ada di daerahnya.” tutup Ananto diamini oleh Dr. Vauzia, M.Si dan Andi Alatas, SP., M.Sc (gus)

Ket foto
Suasana Pengabdian Masyarakat yang di laksanakan oleh Universitas Negeri Padang Kampus Sijunjung di Nagari Kunangan Parit Rantang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung Sumbar.