Ragam Karya Kreatif Mahasiswa Baru di Malam Inagurasi Stikosa-AWS

 

SURABAYA.- Beragam karya kreatif ditampilkan oleh para mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) di Stikosa-AWS, yang berlangsung mulai Jumat sampai Minggu malam (8-10/9/2023).

Salah satu karya kreatif yang ditampilkan berbentuk drama ditampilkan dalam malam inagurasi di halaman kampus, Minggu malam. Drama ini ditampilkan salah satu regu mahasiswa baru, bertema anti kekerasan seksual. Sedangkan ide cerita bersumber dari pembekalan materi yang disampaikan oleh Ajeng Harlika Puspitasari, M.Psi sehari sebelumnya dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Prov. Jatim.

Menurut Kepala Badan Administrasi Akademik & Kemahasiswaan, Rista Oktarina, M.I.Kom, Anti Kekerasan Seksual memang menjadi tema besar kegiatan PKKMB di tahun akademik 2023/2024 ini, sehingga keseluruhan pembekalan materi dan tugas karya mahasiswa baru diarahkan sesuai tema.

Selain unjuk kreatifitas di panggung malam inagurasi, para mahasiswa baru juga mendapat tugas membuat tulisan essay dan karya digital berupa iklan layanan masyarakat maupun film pendek. Bahan referensinya dari paparan narasumber yang memberikan pembekalan materi, baik dari DP3AK dan dosen Stikosa-AWS. Machmud Suhermono, Wakil Ketua PWI Jatim dan anggota Komite Komunikasi Digital Jawa Timur juga memberikan materi tentang literasi digital dan bela negara.

Menurut Ketua pelaksana PKKMB dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Hanan Salsabila, unjuk karya dan penugasan karya para mahasiswa baru tersebut dikemas untuk membiasakan mahasiswa ber-kreasi dan berani unjuk karya di Stikosa-AWS yang dikenal sebagai kampus media ini. Sebab pelaksanaan pembelajaran di Stikosa-AWS memang lebih dominan praktek, baik peminatan Digital Broadcasting & Jurnalistik maupun peminatan Public Relation.

Selain karya mahasiswa baru yang tampil di malam inagurasi tersebut, para mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa juga ikut meramaikan acara dengan berbagai kreasi seninya, antara lain UKM Teater Lingkar, Surabaya Muda, Acta Surya (pers mahasiswa) dan Prapala (UKM pecinta alam).***Sasetyo