Sosialisasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) SMA NEGERI 1 TEMPEH LUMAJANG

SMA Negeri 1 tempeh merupakan salah satu sekolah model tahun 2019 di kabupaten Lumajang menyelenggarakan Sosialisasi dan evaluasi SPMI ( Sistem Penjaminan Mutu Internal) kepada sekolah imbas yang terdiri dari SMA Annur, SMA Nurul Islam, SMA Negeri Kunir, SMA Negeri Pasirian, dan SMA Pronojiwo.

Kegiatan ini berlangsung tanggal 20 Agustus 2019 dan dibuka oleh fasilitator daerah Drs. Eko Widodo, M.Pd. Sistem penjaminan mutu internal adalah sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen satuan pendidikan. Sistem penjaminan mutu pendidikan berfungsi sebagai pengendali penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu.

Penjaminan mutu pendidikan dilaksanakan secara sistematis antara seluruh pemangku kepentingan di sekolah yang meliputi kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan/tata usaha, dan bekerja sama dengan komite sekolah.
Staf humas SMAN 1 Tempeh Ahmad Afandi, S.Pd., M.Si mengatakan bahwa rangkaian kegiatan SPMI sekolah model SMA Negeri 1 Tempeh terhadap sekolah imbas secara umum terdiri dari tiga kegiatan yaitu Sosialisasi, Pendampingan dan Pengimbasan.

Pendampingan dan pengimbasan dilaksanakan antara tanggal 27 Agustus hingga 17 September 2019 serta tempat kegiatan dilaksanakan disekolah model dan sekolah imbas masing-masing.
Menurut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tempeh Hasito, S.Pd diharapkan Hasil dari sistem penjaminan mutu internal diharapkan adanya peningkatan mutu pendidikan pada level sekolah dari waktu ke waktu, seperti roadmap yang disampaikan yaitu membangun tradisi mutu, menuju budaya mutu, dan terciptanya budaya mutu.

Ahmad Afandi

Jurnalis Citizen MM.com