Ahli Hikmah : Kehidupan Telah Mengajariku.

Catatan Yahya Aziz Dosen Uinsa, Penulis Buku Taubatnya Peselingkuh

Menuntut Ilmu tidak harus di lembaga formal (TK, SD, SMP, SMA-PT) tapi bisa di SEKOLAH KEHIDUPAN.
Nabi Muhammad Saw bisa sukses karena ditempa di sekolah kehidupan, masih kecil dalam posisi yatim piatu, masa remaja menjadi penggembala kambing. Menikah dengan Khodijah dan berdakwah penuh dengan tantangan rintangan dari orang kafir.
Banyak orang terjebak dengan harta, pangkat, gelar seakan2 bisa membuat senang dan bahagia. Realitanya gak seindah yang ia bayangkan. Banyak harta gelisah tidak bisa tidur dan puncaknya bunuh diri.
Nasehat dari ahli hikmah :

علمتني الحياة.. أن المال يشتري سريراً لكنه لا يشتري النوم. و يشتري الدواء ولا يشتري العافية. وربما يشتري كل شي ولكنه لا يشتري السعادة

Kehidupan telah mengajariku: Bahwa harta bisa saja digunakan utk membeli ranjang, tapi tdk bisa utk membeli rasa kantuk. Bisa utk membeli obat, tdk bisa membeli kesehatan.
Bahkan mungkin uang bisa dipakai utk membeli semua barang, tapi tdk utk membeli kebahagiaan.
1. Harta bisa untuk membeli rumah megah, tapi apakah bisa membuat tidur nyenyak. Jutaan orang hari ini bisa tidur nyenyak di gubuk2 reot, di bawah jembatan. Hanya orang-orang yang berjiwa qona’ah bisa tidur dengan nyenyak.
Jika Anda hari-hari ini sulit untuk tidur nyenyak, bisa jadi Anda stres depresi.
2. Harta bisa membeli obat mahal tapi tidak bisa membeli kesehatan.
Obat pertama yang mampu menyembuhkan segala macam penyakit nomer 1 adalah BAHAGIA, adapun dokter, rumah sakit, infus, vitamin itu semuanya nomer 2.
3. Harta bisa membeli semuanya : mobil mewah, rumah megah, perhiasan, tapi itu hanya KESENANGAN SEMU.
Dan harta tidak mampu membeli KEBAHAGIAAN.
Betapa tersiksanya hari ini banyak pejabat diburu KPK masuk penjara.
Benar kata Gus Baha sungguh bodoh sekali makan yang enak nunggu di restoran. Ingin bahagia nunggu bergelar sarjana, bermobil mewah. Hidup ko dibuat ribet….Hanya orang orang yang berjiwa QONA’AH lah yang merasakan Indah nya kebahagiaan…..
Selamat berlibur panjang 1 juni di hari lahirnya Pancasila….Apakah Anda termasuk Orang yang berjiwa Qana’ah…Hati nurani Andalah yang mampu menjawab nya….
Barakallah….