Pentingnya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Kurikulum Merdeka Belajar

 

 Jember-menaramadinah.com-Kurikulum memiliki posisi yang sangat penting dan strategis. Kurikulum merupakan deskripsi dari visi, misi, dan tujuan pendidikan suatu institusi atau lembaga pendidikan. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Perlu disadari pula bahwa sekolah merupakan suatu sistem yang komplek dimana didalam sistem tersebut banyak instrumen yang mempengaruhi proses pendidikan yang terjadi.

MBS memiliki karakteristik yang perlu dipahami oleh sekolah yang akan menerapkannya. Dengan kata lain, jika sekolah ingin berhasil dalam menerapkan MBS, maka beberapa karakteristik MBS perlu dipelajari dan dipahami dengan baik. Membahas karakteristik MBS tidak dapat dipisahkan dengan karakteristik sekolah efektif.

Tim Dosen yang menjadi narasumber dalam kegiatan yaitu Prof. Dr. Sutarto, M.Pd, Prof. Dr. Indrawati, M.Pd, dan Dr. Iwan Wicaksono, M.Pd. Rencana dilaksanakan pada hari Rabu 17 Mei 2023. Sasaran dalam program ini yaitu 25 Guru di SMP Achmad Jani dengan alamat: beralamat di Jl. Untung Suropati No. 116, Puger Kulon, Kec. Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68164.

Adapun pendekatan yang gunakan dalam rangka pelatihan ini yaitu pendekatan edukatif. Pendekatan edukatif yang dalam program maupun pelaksanaan pengabdian mengandung unsur pendidikan yang dapat mendorong Guru untuk semangat dalam belajar.

Selama pelatihan, Guru akan di dampingi dengan fasilitator sehingga apabila terdapat kendala memahami MBS dapat dengan mudah teratasi. Selain itu, selama pelaksanaan menggunakan metode ceramah, diskusi, brainstorming, dan praktik.

Husnu Mufid