REUNI AKBAR 33 TAHUN SMA MUHA HADIRKAN ALUMNI ANGKATAN 1982 – 2015

Banyuwangi 23 April 2023-‘Lebih seribu alumni tumplek-blek di Gedung Graha Genteng untuk menghadiri Reuni Akbar 34 Tahun SMA Muhammadiyah 2 Genteng (SMA Muha).

Reuni bertajuk merajut silaturahim alumni membangun persaudaraan, seduluran selawase,  panitia penyelenggara sukses menghadirkan pendiri dan guru-guru perintis SMA milik Perguruan Muhammadiyah Banyuwangi di Genteng. Abdul Muin, S.H. sebagai pendiri sekaligus kepala sekolah pertama di kampus jalan Diponegoro Genteng itu, tampak ‘sumringah’ pertanda rasa bangga sekaligus haru terhadap kehadiran para alumni. “…saya hari ini senang, bahagia dan sekaligus terharu dengan kedatangan kalian. Kalian adalah kader-kader kebanggaan kami.

Beraktivitaslah kalian di manapun dan bawa amanah serta ajaran-ajaran pendidikan muhammadiyah dari Bapak dan Ibu guru yang pernah membimbingmu”, tegas mantan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyuwangi itu.
Selanjutnya tokoh pergerakan era 66 itu, meminta hadirin dan alumni untuk berdiri menyanyikan Mars Sang Surya dan IPM. Suara gemuruh mengingatkan saat masih menjadi peserta ‘Darul Arqom’ yang digelar saat Bulan Ramadhan.

Guru-guru senior yang sudah purnatugas sempat hadir a.l. Bapak Nur Ahmadi, Bapak Sapuan, Bapak Musa Alhadi, Bapak Matsutra, Bapak Munta’adib, Bapak Zen Hariri, Bapak Edi Suseno, Bapak Mutawasik, Bapak Nawachid, dan Bapak Sutejo, Bapak Iriyanto, Bapak Suherman dan Bapak M. Rifai.

Diramaikan oleh bintang tamu Demi Kanggo Riko, acara semakin marak, riang-ria mengenang masa-masa sekolah. Mohamad Anas (alumni, ketua Osis/IPM 1992/93) selaku ketua panita dalam sabutannya meminta kawan-kawan alumni senantiasa mengumandangkan reputasi SMA Muhammadiyah 2 Genteng sebagai tempat pendidikan yang ideal, inspiratif bagi generasi muslim.

Dalam kesempatan itu juga panitia meminta perwakilan semua angkatan untuk membacakan ikrar pembentukan IKA-SMA Muha Genteng yang ditandai dengan pemukulan gong oleh sesepuh, perintis dan sekaligus pendiri SMA Muha Genteng, H. Abdul Munin, S.H.

H. Mochammad Rifai, M.Pd. salah seorang guru yang hadir dalam acara itu berkomentar “betapa dukungan para alumni ini penting untuk memberikan support kepada almamaternya untuk terus maju sebagai lembaga pendidikan yang profesional. Selanjutnya sosok yang kerap dipanggil Mbah Guru Rifai itu berpesan agar para alumni senantiasa menguatkan silaturahim dalam sebuah jejaring yang saling menguatkan, bergotong royong, saling membantu dalam berbagai persoalan yang dihadapi anggotanya”.

Bersyukur kalau IKA-SMA Muha ini kelak menjadi kekuatan pendorong kemajuan bagi lembaga pendidikan Muhammadiyah dan anggotanya, jelas mantan Kepala SMA Negeri 2 Genteng itu yang pernah bergabung sebagai guru di SMA Muha tahun 1989 s.d. 1993.

Dalam kesempatan  itu Mbah Guru Rifai juga meminta doa dan dukunganya warga alumni untuk kebaikan kemajuan Banyuwangi. Kepala sekolah aktif SMA Muha Genteng, Drs. H. Hariono, M.Pd. berharap para alumni bersedia menjadi iklan yang baik kepada almamaternya. Dukungan para alumni sangat berarti bagi kemajuan SMA yang beliau pimpin sekarang ini.
Husnu Mufid, Jurnalis Menaramadinah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *