Upaya Mengabdi Pada Masyarakat, UPN “Veteran” Jawa Timur Kembali Berangkatkan Tim Mahasiswa KKN

Surabaya-MENARAMADINAH.COM – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) kembali melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dalam wujud Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada tahun 2023. Rangkaian kegiatan ini dibuka dengan upacara pemberangkatan pada Kamis (16/3) pada pukul 07.10 WIB secara serentak di lapangan rektorat UPNVJT.

Kegiatan ini diikuti oleh 917 mahasiswa dari 13 program studi (prodi) yaitu prodi Administrasi bisnis, Administrasi Publik, Manajemen, Agribisnis, Ekonomi Pembangunan, Akutansi, Agroteknologi, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Pariwisata, Desain Komunikasi Visual, Informatika, serta Sistem Informasi.

Upacara dipimpin oleh rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Akhmad Fauzi, perwakilan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dosen Pendamping Lapang (DPL), serta Person in Charge (PIC).

“Pada pagi yang cerah ini, seluruh peserta KKN-T MBKM 2023 akan di berangkatkan. Mahasiswa harus mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat,” tegas Fauzi.

KKNT 2023 ini terbagi menjadi tiga skema yaitu Kewirausahaan & Ekonomi Kreatif, Desa Wisata, serta desa Bebas Stunting dengan ditempatkan pada beberapa Kabupaten dan Kota di Jawa Timur. Sebagaimana dipaparkan oleh Kepala Pusat pengabdian masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Kapus LPPM) UPNVJT, Zainal Abidin Achmad, “dalam pemberangkatan periode 1 tahun 2023 ini di Kota Probolinggo kami menempatkan 12 kelompok dengan tema bebas stunting dan 8 kelompok tema kewirausahaan. Blitar terdiri dari 21 kelompok tema kewirausahaan. Nganjuk terdiri dari 5 kelompok tema kewirausahaan dan 5 kelompok tema desa wisata. Jombang terdiri 10 kelompok tema kewirausahaan dan 12 kelompok tema desa wisata. Surabaya terdiri dari 17 kelompok tema kewirausahaan dengan didampingi dengan DPL dan IPC yang telah ditunjuk,” pungkas Zainal Abidin Achmad.

Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu perwujudan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk diketahui, Tri Dharma Perguruan Tinggi ini terdiri dari tiga poin. Antara lain pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan KKNT MBKM akan dilaksanakan sekitar tiga bulan dan akan berakhir pada Juni mendatang. Husnu Mufid