Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris pada Guru dan Siswa TK Dharma Wanita 1 Sumberjo Gondang Nganjuk Oleh : Muhammad Lukman Syafi’i,S.Pd,M.Pd

 

http://nganjuk.menaramadinah.com/
Sabtu, 18 Maret 2023 pukul 08.00 WIB diselenggarakan pengabdian kepada masyarakat internal Universitas Muhammadiyah Ponorogo Tahun 2023 pada TK Dharma Wanita 1 Sumberjo Gondang Nganjuk.

Pengabdian ini bersifat pendampingan pembelajaran Bahasa Inggris pada guru dan siswa Taman Kanak-Kanak. Pada kegiatan ini dihadiri oleh empat guru TK akan tetapi guru yang hadir tiga orang karena yang satu guru tidak dapat hadir disebabkan ada undangan operator ke dinas pendidikan setempat dan juga dihadiri oleh sekitar tiga puluh siswa.

Kemudian daripada itu, hadir pula dari tim periset yaitu diantranya ketua pengusul, Muhammad Lukman Syafii, S.Pd., M.Pd., sebagai anggota yaitu Azid Syukroni, S.Pd.I., M.Pd.I., Dr. Ayok Ariyanto, M.Pd.I., dan dari kalangan mahasiswi, Aprilia Dina Saputri, tetapi karena suatu hal yang hadir kala itu adalah ketua dan satu anggota saja.

Tetapi hal tersebut, tidak mengurangi dalam memeriahkan para hadirin yang sempat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh salah satu seorang guru.

Dilanjutkan acara yang kedua yaitu pembacaan ayat suci al-quran oleh anak TK bernama Tiyas. Kemudiaan dilanjutkan dengan sambutan – sambutan kepala TK, dan ketua pengusul dilanjutkan acara presentasi, doa oleh salah satu anggota pengusul, dan acara terakhir adalah penutup.

Dalam presentasi tersebut, ketua pengusul menuturkan pentingnya belajar bahasa Inggris dimulai sejak dini, dalam hal ini khususnya pada Sekolah Taman Kanak-Kanak. Apalagi ditengah era digital sekarang ini, siswa sekolah TK pun dituntut untuk lebih mengenal pembelajaran bahasa Inggris.

Seperti halnya diperkotaan dan lebih lagi di negara Malaysia. Di negara malaysia ini, para penduduk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Tidak seperti di Indonesia, para penduduknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Asing, sehingga mempengaruhi peradaban yang ada di sana.

Disamping menyampaikan poin-poin dalam pentingnya pembelajaran bahasa Inggris dimulai sejak dini, bapak ketua juga menuturkan bahwa silabus bahasa Inggris di TK pun juga sudah ada yang didesain oleh mahasiswa UM (Universitas Negeri Malang) beberapa tahun yang lalu.

Jadi inti dari pembelajaran bahasa Inggris yaitu siswa mengenal nama-nama hari dengan lagu, nama-nama bulan, bernyanyi ulang tahun, Happy Birthday to You, dan lain-lain dengan catatan segala kegiatan yang membuat anak TK bahagia dan ceria. Mereka sangat antusias ketika dalam presentasinya, seorang ketua bernyanyi bersama-sama anak TK dengan menyebutkan nama-nama hari dengan nada

“Naik-naik ke puncak Gunung” dan bernyanyi ulang tahun, Happy Birthday to You. Anak – anak TK sangat antusias sekali menyanyikan lagu-lagu tersebut.

Bro j

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *