Masjid Sebagai Pusat Pengembangan

 

Jakarta-Menara Madinah.com- Masjid berfungsi sebagai pusat pengembangan atau sebagai Centre Of Excellence.

Demikian disampaikan Ramdansyah Bakir selaku Ketua Umum Yayasan Masjid Al Mukarromah, Koja Jakarta Utara, dalam Pekan Isra Miraj yang digelar di Masjid Al Mukararromah tersebut.

“Masjid bisa mengembangkan tradisi intelektual. Bisa mengembangkan ekonomi dan juga mengembangkan yang namanya moralitas. Serta mengembangkan kesenian budaya. Nah ini yang kita lakukan selama pekan Isra Mi’raj selama 5 hari. Dan hal itu mendapat sambutan sangat banyak dari warga,” ujar mantan Ketua Panwaslu Provinsi DKI Jakarta ini.

Ramdansyah yang juga Ketua Remaja Masjid yang sama periode 1991-1992 menambahkan Masjid ini tidak hanya berhasil menjadikan masjid megah di lingkungan Kecamatan Koja, tetapi juga berhasil mengkaderisasi remaja masjidnya menjadi pimpinan masjid.

Ketua ICMI DKI Jakarta Riza Patria, yang hadir pada acara puncak Apresiasi
Pekan Isra Miraj mengapresiasi pemberdayaan UMKM yang Dilakukan Yayasan Al Mukarromah, Koja Jakarta Utara tersebut.

Ketua Orwil Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Provinsi DKI Jakarta, ini mengatakan perekonomian masyarakat, khususnya UMKM harus dibangkitkan kembali. Ia juga mengimbau supaya kita selalu membeli produk-produk dalam negeri. Juga memberikan penguatan kepada perekonomian umat.

“Jadi mari kita belanja produk-produk dalam negeri dan promosikan produk-produk UMKM bagi kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Pekan Isra’ Mir’aj kali ini diisi dengan beragam kegiatan, diantaranya adalah perlombaan pidato Isra Mi’raj dengan menggunakan bahasa daerah untuk kategori SD, SMP, SMA dan Umum.
Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum Yayasan Al Mukarromah Ramdansyah melantik Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DMI) Al Mukarromah yang diketuai Ahmad Fajar. Kemudian ikut juga dilantik Unit Kesehatan Al Mukarromah yang dipimpin oleh Hilda Martina dan unit Pelayanan Jenazah yang dipimpin Hj. Siti Zulaefah.

Hadir dalam acara tersebut pejabat kecamatan koja yang hadir Ade Himawan Camat Koja, Suratno Widodo Lurah Lagoa, Wakapolsek Koja AKP Nanang Sugeng Irianto, dan Wakil dari Koramil Koja.

Acara puncak pekan Isra Mi’raj juga menghadirkan penceramah utama Habib Ahmad Mujtaba selaku guru tetap pengajian bulanan Masjid Al Mukarromah.

Masjid Al Mukarromah termasuk masjid yang megah di wilayah Jakarta Utara. Masjid ini berdiri sejak 1968 dan mampu menampung Jamaahnya lebih dari 5000 orang setiap salat Jumat.

Vidalia Putri Alifatuzzahra Sabet Uang Rp1 Juta

Tampil dengan memukau Vidalia Putri Alifatuzzahra tampil sebagai juara. Siswi dari Madrasah Ibtidaiyah Al Khaeriyah Kelas 3 ini meraih juara pada lomba pidato yang dilaksankaan di Masjid Almukarromah, Koja Jakarta Utara.
Atas prestasinya ini dia mendapatkan uang pembinaan sebeesar Rp. 1.000.000,

Sedangkan pemenang kedua Najla Naveleri Irawan dari SMK Sejahtera dengan menggunakan bahasa Betawi mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 500.000,- dan pemenang ketiga adalah Fadlan Azami mendapatkan uang pembinaan Rp. 250.000.

Ketua Orwil Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Provinsi DKI Jakarta, A. Riza Patria yang menghadiri puncak pekan Isra Mi’raj Yayasan Al Mukarromah pada Jum’at malam mengapresiasi kegiatan dalam pekan Isra Mi’raj tersebut.

“Kita sebagai sebuah bangsa yang sangat besar, bersuku-suku juga terus melakukan menghadirkan bahasa-bahasa daerah. Sehingga inilah kekayaan kita, keberagaman kita, kebhinekaan kita. Perbedaan kita adalah kekayaan, keberagaman kita yang perlu kita jaga dan rawat. Dengan adanya lomba pidato daerah ini menghadirkan berbagai karya yang baik kegiatannya harus dilanjutkan secara berkala,” kata Riza Patria Wakil Gubernur Provinsi DKI periode 2020 -2022

“Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Al Mukarromah. Mudah-mudahan juga bisa memotivasi kita semua, yayasan lainnya, dan masjid lainnya di seluruh DKI Jakarta,” sambungnya.

Seperti diketahui dalam pekan Isra Mi’raj, Yayasan Al Mukarromah menggelarperlombaan pidato Isra Mi’raj dengan bahasa daerah untuk kategori SD, SMP, SMA dan Umum.

Pendaftaran perlombaan dibuka sejak 15 Februari hingga 23 Februari di Sekretariat Masjid Al Mukarromah, Koja, Jakarta Utara. Masing masing peserta memiliki waktu maksimal lima menit dan wajib mengutip ayat Al Quran tentang Isra Mi’raj.

“Kategori SD, SMP dan SMA itu pidato langsung di masjid, Untuk Umum, mengirimkan video via online,” jelas Ketua Umum Yayasan Masjid Al Mukarromah Ramdansyah. (MM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *