Urgensi Pendidikan Islam

Surabaya Menara Madinah Com.
Jum’at 3 februari 2023 pukul 10.30-12.25 kami mengadakan kegiatan PENGABDIAN MASYARAKAT menjadi imam & khatib jum’at di masjid Aljabbar Surabaya.
Tema khutbah ; Urgensi Pendidikan Islam.
Berita yang update akhir ini terkait generasi muda, membuat kita miris. Faktanya banyak remaja hamil diluar nikah,ini artinya seks bebas telah melanda generasi muda Indonesia.
Di Depok Jawa Barat berdasar survey Komnas Perlindungan Anak pada tahun 2020 menemukan 93,8 persen dari 4.700 siswi SMP/SMA mengaku pernah berhubungan seksual di luar nikah, survey tersebut juga mengungkap 97 persen responden pernah menonton pornografi.
Data ini belum termasuk fakta meningkatnya aborsi dikalangan remaja/pelajar.
Sebenarnya apa yang salah, sehingga muncul generasi seperti itu? Mungkin saja sistem pendidikan yang menjauhkan anak didik dari ajaran Islam.
Dalam Islam, pendidikan dapat dimaknai sebagai proses manusia menuju kesempurnaan sebagai hamba Allah SWT. Ada sosok Rasulullah Muhammad SAW yang bisa menjadi panutan (role model) seluruh peserta didik, seperti firman Allah dalam Q.S. al-Qalam ayat 4 sbb:

وَاِنَّكَ لَعَلٰى خُلُقٍ عَظِيْمِ

Artinya: Sungguh engkau memiliki akhlak yang sangat agung.

Allah SWT juga menjelaskan dalam Q.S al-Ahzab ayat 21 sbb:

لَقَدْكَا نَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ

Artinya: Sungguh pada diri Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam itu terdapat suri teladan yang baik.

Kemajuan pendidikan pada masa keemasan peradaban Islam ini pun sudah ditransfer ke dunia barat. Contoh Tim Wallace -Murohy(WM) yang menerbitkan buku berjudul What Islam di for US memaparkan fakta tentang transfer ilmu pengetahuan itu di abad pertengahan.

Semoga Pendidikan di Indonesia semakin maju, Aamiin.
Raden Syaifuddin, M.Pd. Dosen FTK UINSA