Situs Makam Pangeran Antrawulan Yang Berada Di Rw 17 Kriyan Barat, Butuh Perhatian Pemerintah

Kota Cirebon – menaramadinah.com Daerah Kriyan yang berada di Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, tersebut diambil dari nama sosok salah satu tokoh penyebar agama islam yaitu mbah Kriyan. Beliau putra dari Pangeran Antrawulan yang kini makamnya berada di Rw 17 Kriyan Barat. Namun, komplek makam tersebut butuh perhatian, dan sedikit orang yang mengetahui keberadaan dan sejarah Pangeran Antrawulan.

Menurut pengelola situs makam Pangeran Antrawulan, H Bajuri, makam tersebut merupakan makam Syekh Abdullah berasal dari timur tengah atau lebih dikenal Pangeran Antrawulan. Salah satu ulama penyebar agama islam pada abad 18.

Bambang selaku Rw setempat, dia dan warga sekitar lainnya ingin agar area pemakaman tersebut mendapat perhatian khusus oleh pemerintah juga dinas terkait minimal bisa dibenahi, supaya tampak terawat, karena ini makam bersejarah,” ungkapnya.

Jika area makam tersebut bisa di benahi, lanjutnya, maka akan bisa dijadikan sebagai wisata religi dan sejarah. Dengan begini, maka perekonomian masyarakat Kota Cirebon khususnya di wilayah kami akan terbantu, dan situs makam bersejarah akan tetap terpelihara, ungkapnya. (hsn)