Kunjungan Kampus & Edu Wisata 2022 SMANKAR Lamongan di Kota Semarang (1)

Lamongan, Menaramadinah.com.- Program Kunjungan kampus dapat membantu memperkaya informasi untuk dijadikan opsi sebelum masuk ke jenjang universitas. Melalui kunjungan ke kampus diharapkan dapat meningkatkan prosentase lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi.

Mewujudkan tujuan tersebut, hampir di semua jenjang sekolah menengah atas mempunyai program rutin setiap tahun untuk berkunjung ke salah satu kampus terbaik. Seperti yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Karangbinangun, Kab. Lamongan (SMANKAR, red) yang memilih kota Semarang, Jawa Tengah sebagai rekom bagi para siswa memilih PTN favorit dan ternama di wilayah tersebut.

Kegiatan itu berlangsung Selasa-Kamis, tanggal 13-15 Desember 2022 dengan diikuti 222 siswa, kelas XII seluruh jurusan IPA-IPS dengan tujuan kampus terbesar dan unggulan di kota Atlas, Semarang, Jawa Tengah yakni UIN Walisongo dan UNDIP (Universitas Negeri Diponegoro).

Kepala SMA Negeri 1 Karangbinangun, Drs. H. Ali Nurdin, M.Pd menjelaskan pentingnya kegiatan tersebut untuk siswa kelas XII.

“Selain siswa diajarkan materi-materi pengayaan dan dibiasakan mengasah kemampuannya setiap pekan melalui Try Out berkala, siswa di SMA Negeri 1 Karangbinangun, Kab. Lamongan pun diajak untuk mengunjungi kampus demi melihat lebih jauh tentang suasana perkuliahan dan menggali informasi lebih banyak mengenai perguruan tinggi dan sistem perkuliahan di dalamnya,” tegasnya.

Sedangkan Ketua Panitia Kunjungan Kampus, Drs. Moh. Suud, M.Pd menambahkan bahwa dengan program Kunjungan Kampus seluruh siswa kelas XII sudah diperkenalkan dengan perguruan tinggi.

“Kunjungan tahun ini Smankar memilih ke wilayah Semarang, kalo yang sebelumnya berada di Jatim. Ini sebagai pilihan atau variatif dan alternatif baru alumni kita .
Sedangkan kunjungan kampus ini sendiri dilakukan agar para siswa sudah memiliki gambaran perkuliahan yang akan diambilnya, kelak selepas lulus dari bangku SMA,” tuturnya.

Data media ini dari Waka Kesiswaan Khusnul Yakin, S.Pd, M.Pd bahwa selain siswa kelas XII juga didampingi para guru, diantaranya 3 Waka, 7 Wali kelas serta 5 pendamping dengan transportasi 4 bus yang diampu oleh salah satu Travel ternama.

Berangkat dari Smankar Lamongan Selasa malam, tiba Rabu dini hari di MAJT untuk salat subuh, (Isoma). Di hari pertama, fokus pada acara kunjungan di UIN Walisongo dan UNDIP.

Di kampus UIN Wali Songo para siswa Smankar diajak untuk melihat secara langsung pengetahuan alam semesta, terutama luar angkasa dengan berbagai benda langit di Ruang Planetariumnya. Selain juga di Ruang Teater Kampus yang cukup resprentatatif.

Sedangkan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro rombongan SMA Negeri 1 Karangbinangun disambut di ruang Auditorium Gedung A lantai 3 kampus FISIP Undip Tembalang tersebut dihadiri oleh Agus Naryoso, S.Sos., M.Si (Ketua Prestasi Mahasiswa), Supervisor Akademik dan Kemahasiswaan FISIP Undip, serta perwakilan dosen dari program studi di lingkungan FISIP Undip.

Kegiatan di dua kampus ini berlangsung sejak pukul 09:00 hingga 16:00 WIB, disana siswa memperoleh informasi berbagai hal tentang UIN Wali Songo , dan UNDIP seperti jalur masuk, pembiayaan, beasiswa, suka duka selama perkuliahan tingkat sarjana, dan hal-hal lain yang bersifat semi-formal dalam perkuliahan.

Perwakilan rombongan dari guru pembimbing SMAN 1 Kararangbinangun Khoirul Huda, S.Pd, M.Pd mengucapkan terima kasih pada civitas universitas yang menerima dengan sangat baik. Ia berharap siswanya akan lebih termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sama seperti kunjungan-kunjungan dari SMA lainnya, siswa umunya mengajukan berbagai pertanyaan yang dirangkum dan lebih kurang sama diantaranya peluang lulusan SMA dalam melanjutkan studi di PTN, baik melalui jalur akademik maupun jalur prestasi, dan program studi unggulan apa saja yang menjadi minat terbanyak siswa dalam memilih program studi, serta peluang bagi siswa yang memiliki keinginan untuk bekerja sambil kuliah.

Perwakilan siswa SMAN 1 Karangbinangun
yakni Ahmad Pandu Pratama, Anggara Candra Kirana, dan Nur Farhanah K yang mewakili rekan-rekannya berharap melalui kunjungan ini siswa mendapatkan informasi dan setelah lulus bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

Kunjungan ke dua Universitas terbaik di Semarang ini difokuskan agar siswa memperoleh informasi yang lengkap dan jelas melalui pemaparan pihak kampus dan nantinya dapat membagi informasi kepada siswa lainnya di SMAN 1 Karangbinangun.

Hasil kunjungan akan disampaikan pada pihak sekolah dan berharap siswa yang sudah lulus disamping ada yang langsung ingin bekerja, akan tetapi pihak sekolah juga mengharapkan siswanya dapat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi.

“Melalui kunjungan langsung ke kampus ini diharapkan dapat memotivasi siswa sehingga persentase lulusan yang melanjutkan pendidikan meningkat,” tegas Bapak Huda yang juga Waka Sarpras ini. (Bersambung).
*DANAR SP*