Membangun Karakter Siswa SMPN 2 Rogojampi melalui Jumat Taqwa.

Banyuwangi-menaramadinah.com, SMPN 2 Rogojampi menerapkan program Jumat Taqwa bagi siswa khususnya yang beragama muslim . Kegiatan ini dilaksanakan pada pagi hari setiap Jumat sebelum siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas. Berlangsung di halaman sekolah, program ini diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan. Program yang sudah berjalan setiap bulan sekali ini mampu membuat siswa melakukan hal positif tanpa harus diperintah.
Program ini dilaksanakan pada pagi hari setiap Jumat sebelum siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas. Berlangsung di halaman sekolah, program ini diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan.

”Jumat Taqwa ini kita isi dengan kegiatan-kegiatan keagamaan yang akan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan siswa terhadap ilmu agamanya,” kata Kepala SMPN 2 Rogojampi , Marhenyantoro, S.Pd, MM, kepada Menaramadinah.com, Jumat (18/11).

Kegiatan keagamaan yang dilakukan antara lain istigosah dan salat Duha.
Melalui program ini, diharapkan dapat membangun karakter pada dalam diri siswa. Dengan demikian, dapat menjadi bekal mereka di jenjang pendidikan selanjutnya maupun lingkungan tempatnya tinggal, tambahnya

”Adanya program ini kita harapkan siswa dapat memiliki karakter yang baik serta nantinya memiliki bekal ketika sudah keluar dari SMPN 2 Rogojampi. Setidaknya ada yang mereka ingat ketika sudah lulus dari sini,” pungkasnya.

Sementara menurut ustad Nadzir salah satu pembina OSIS menyatakan , Penguatan pendidikan karakter religius di SMP Negeri 2 Rogojampi yaitu kegiatan shalawat bersama, asmaul husna, yasin, tausyiah dan do’a bersama, bertujuan membentuk karakter mandiri di SMP Negeri 2 Rogojampi juga ditanamkan, hal ini terlihat dari pembuatan dan penyampaian tausyiah di kegiatan jum’at taqwa. penguatan pendidikan karakter gotong royong dibudaya religius jum’at taqwa ini ada pada kegiatan persiapan kegiatan ini, ujarnya.
Meski tak secara rutin, pihak sekolah juga mendatangkan penceramah dari luar lingkungan sekolah untuk mengisi materi keagamaan. Ini agar menjadi motivasi bagi siswa lainnya,” katanya.

Program Jumat Taqwa cukup efektif untuk diterapkan. Siswa SMPN 2 Rogojampi kini sudah terbiasa melakukan hal-hal positif tanpa harus diperintah oleh guru.”Alhamdulillah sudah terlihat, salah satu contoh sekarang banyak siswa ketika jam istirahat pergi ke musholla sekolah untuk melakukan salat Duha dan sholat duhur berjamaah, tambah Nadzir (Jurnalis Rishje)