Atasi perselisihan MUI Ber Halal Bihalal dengan FORKOPIMCAM Wonokromo

Surabata-menaramadinah.com-Majelis Ulama Indonesia Wonokromo Surabaya dibawah kepemimpinan KH SIDQUS SYAHDI Ber Halal Bihalal dengan FORKOPIMCAM Jum’at malam 3 Mei 2024 di Pendopo Kecamatan Wonokromo Jl Cisedane Surabaya.

Acara yg dikemas dalam bentuk Khataman Al Qur’an, Istighotsah dan Do’a dihadiri Camat Wonokromo Maria Agustina bersama Lurah-2 Se kecamatan Wonokromo, Danramil Mayor Infantri Kasrun, KUA beserta perwakilan para Modin di 58 RW Se kecamatan Wonokromo, Organisasi Massa NU (MWC NU beserta ranting-2 NU), Muhammadiyah, Muslimat NU, Fatayat NU, TOMAS (Tokoh Masyarakat).

Dalam sambutannya Gus Syahdi menjelaskan tujuan mengadakan Halal Bihalal tergelitik semangat pencetusnya seorang Ulama KH Wahab Chasbullah yg saat pasca kemerdekaan RI guna meredam konflik kelompok cenderung terpecah bercerai berai, lalu mengusulkan kepada Ir Soekarno agar mengumpulkan beberapa elemen kelompok tsb berkumpul dibungkus dalam forum HALAL BIHALAL, atas fenomena tsb Ketua MUI tsb menjelaskan beberapa Fadhilah HALAL BIHALAL yg dihubungkan dengan kandungan Isi Al Qur’an :

1. Dengan Halal Bihalal terdapat Silaturrahim dan dilihat dalam Qur’an Surat 4 (An Nisa) ayat 4 yg artinya :
Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)nya; dan dari keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan .

2. Mendamaikan yg sedang berselisih. sesuai aplikasi dari Qur’an surat 49 (Al Hujuroot) ayat 10 dengan arti :

… Karena itu Damaikan antara kedua Saudaramu (yang Berselisih),…
Dengan harapan selesainya Pesta Demokrasi PEMILU Pemilihan Presiden & Pemilihan Legislatif para pendukungnya bisa kembali damai rukun dan bersama sama memikirkan Bangsa yg lebih baik.
3. Adanya upaya saling Memaafkan segala bentuk Kesalahan, Kedholiman yg bersifat Insaniyah.
: Terdapat dalam QS.3 (Aali ‘Imroon), Ayat 134. Dimulai dari Ayat 133 ; Bersegera mencari Ampunan dari TuhanMu dan mendapatkan Surga.
Sedang Ayat 134 : (Ada 4 poin),
الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ وَالْكٰظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَۚ
(yaitu) Orang-orang yang Berinfak, baik saat Lapang maupun Sempit, & Orang-orang yang Menahan Amarahnya & Memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Alloh Mencintai orang yang berbuat Kebaikan.

4. adanya Silaturrohim yang sangat luar biasa keutamaannya. Bahkan kalau di dalam Al Qur’an Silaturrohim kalimat nya digandeng antara Alloh dg Taqwa,
Dalam QS.4 (Annisa’), Ayat 1) :
…وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ..
… Bertakwalah kepada Alloh yang dg Nama-Nya kamu saling Meminta dan (Peliharalah) Hubungan Kekeluargaan.
Sedang di dalam Hadits Silaturrohim digandeng dengan Iman.
Bahkan salah satu sebab Tidak bisa masuk Surga adalah Memutus Silaturrohim.

5. ada Mushofahah (Berjabat tangan) yg disebut Nabi Saw sbg Penggugur Dosa
Seorang atasan yg mengulurkan tangan terlebih dahulu bersalaman kepada bawahan akan meninggalkan sifat keegoannya.

6. Adanya Shodaqoh yg sangat dahsyat Fadlilahnya.
Ahli shodaqoh maka dekat sang pencipta.
Sebagaimana dalam Qur’an Surat 63 Al Munafikun ayat 10
yang artinya:
Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.”

7. Adanya Doa , Dzikir , Sholawat , Nasihat2 . Berarti HBH juga menjadi Majelis Ilmu, Dzikir & Sholawat
Tidak diragukan lagi Mustajabahnya Doa

Sedangkan Camat Wonokromo dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Halal Bihalal dan berharap segera diadakan acara Istighotsah dengan melibatkan Tokoh -2 Masyarakat termasuk Semua Modin yg ada di lingkungan Wonokromo. Bu Maria demikian panggilan akrabnya berharap komunikasi dan keakraban diantara Tokoh2 Masyarakat dan elemen ormas yg ada di lingkungan Wonokromo bisa tetap terjalin dengan baik dan berkontribusi dalam menjadikan Kecamatan Wonokromo yg terbaik di kota metropolis ini.

Sedangkan Danramil Mayor Inf Kasrun Kondusifitas dan keamanan menjadi prioritas utama dengan selalu menjalin komunikasi dengan beberapa pihak dibawah koordinasi Camat Wonokromo.
Setelah acara seremonial selesai dilanjut Istihlal dan makan bersama diselingi game Quiz dengan hadiah perlengkapan Ibadah Sarung, Mukena, Songkok kopiah dsb.
Menurut Gus Syahdi setiap agenda acara kegiatan MUI diupayakan ada beberapa cinderamata untuk motivasi pengurus MUI dalam menjalankan/merealisasikan program-2 nya. Husnu Mufid