Keraton Pakungwati Sebagai Aset Daerah Kebanggaan Kota Cirebon

 

Catatan Ki Bagus Winardo, ST.

Ass.wr.wb….Alhamdulillah pada siang hari ini tgl 16 november 2022 saya Ki Bagus Winardo , ST selaku Tumenggung diwilayah Adat Kota Bandung telah melakukan silaturahmi dan bincang bincang Via telpon/ HP dengan Yang Mulia Raja Drs. HK.PC. Muhammad Muslim MP ( Ki Ageng Macan Putih ) dari Keraton Pakungwati Raja Caruban Nagari Keturunan Sunan Gunung Jati ke – 16.

Banyak yang dihasilkan dari bincang bincang tersebut diantaranya berikut ini akan saya laporkan :
1. Ditempat keraton Pakung Wati saat ini,ternyata didalamnya juga sejak jaman penjajahan Belanda telah berdiri sebuah pesantren yg bernama ponpes KYAI FATAWI.

2.Seiring perkembangan zaman,disini juga telah berdiri sebuah Padepokan yang bernama Padepokan Ki Ageng Macan Putih yang sekarang dipimpin oleh Beliau sendiri Paduka Yang Mulia Raja.

3.Ditempat sekarang ini, yang ingin ditonjolkan ke depan adalah Keraton PakungWati Kerajaan Caruban Nagari nya, agar supaya masyarakat banyak lebih mengenal,mengetahui dan memahami sejarah yang sebenarnya, karena akibat penjajahan Belanda dengan politiknya yang licik mengakibatkan sejarah kerajaan khususnya dicirebon jadi agak kacau.

  • 4.Dengan informasi ini, semoga siapapun yang peduli dan mencintai sejarah khususnya di desa Wargabinangun Kec.Kaliwedi Kabupaten Cirebon bersama Pemerintah Daerah / Pemda Cirebon untuk mendukung adanya Keraton PakungWati sebagai salah satu aset daerah dengan mengupayakan memperindah dan meningkatkan kualitas Keraton sebagai kebanggaan Kota Cirebon.