LIGA PUISI BANYUWANGI DALAM RANGKA FESTIVAL SASTRA 2022

Banyuwangi-menaramadinah.com-Babak penyisihan Liga Puisi dalam rangka Festival Sastra 2022 berlangsung 2 hari dimulai hari ini (1/11) sampai besok (2/11). Ratusan peserta siswa dan guru tampil dalam lomba yang digelar di Seblang Room JP-RaBa, Gedung Graha Pena, Jalan Brawijaya Nomor 77 Banyuwangi, 1-3 Nopember 2022.

 

Perlombaan dibuka dengan pembacaan puisi oleh DR.H. Alvian , Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan Banyuwangi.

Dalam sambutannya Kabid SMP menyampaikan bahwa ” Potensi membaca puisi peserta didik harus terus di apresiasi sekaligus dilombakan untuk mencari bibit penyair muda di Banyuwangi. Penyelenggaraan liga puisi ini adalah tindak lanjut
beberapa kali pelatihan yang sudah dilakukan dan sebagai media dalam bentuk lomba, ternyata sangat efektif dalam merangsang bakat minat siswa dalam berliterasi secara umum dan khususnya membaca puisi
” ucap Dr.H.Alvian yang didampingi H. Syamsudin Adlawi Direktur JP-RaBa

Menurut Kepala SMPN 2 Rogojampi, Marhenyantoro , S.Pd, SH, MM mengatakan, “Salut dan bangga kegiatan liga puisi dalam rangka Festival Sastra ini selalu semarak dan ramai diikuti siswa dan guru se Banyuwangi. Lomba-lomba seperti ini untuk menggali potensi siswa dalam bidang sastra tentu sebisanya akan selalu kita dukung. Sekolah tentu akan memfasilitasi dan seraya berharap agar dampak positif kegiatan ini dalam menggiatkan literasi dan gerakan gemar membaca di SMPN 2 Rogojampi.

Lomba Baca Puisi yang digelar oleh Jawa Pos Radar Banyuwangi bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dengan peserta pelajar dan guru se-Kabupaten Banyuwangi berlangsung dari pagi hari hingga sore

Sementara menurut Azizah , guru sastra SMPN 5 Banyuwangi, salah satu peserta liga puisi ,
Selain menggali potensi dan menumbuhkan motivasi, pendengar lebih mengenal sejarah lokal melalui roh nya puisi Samsudin Adlawi ini para peserta mengetahui legenda terjadinya kota Banyuwangi dan semangat para pahlawan Blambangan , cetus Azizah.

Pada babak penyisihan tersebut, para peserta akan membacakan satu puisi dari buku berjudul Rahim Suci Bunda Sri Tanjung karya Samsudin Adlawi. Peserta bisa memilih satu dari tujuh judul yang tercantum dalam bab Rasa Banyuwangi.
Acara ini disiarkan secara virtual melalui channel YouTube Radar Banyuwangi.

Ketiga Dewan Juri ; Iqbal Baraas , Fatah Yasin Noor ( keduanya penyair / DKB ), Desy Ariani ( Jawa Pos Raba ) bekerja keras memilih sepuluh finalis untuk masing-masing kategori. Sepuluh guru dan sepuluh siswa akan mengikuti babak final yang digelar pada tanggal 3 November 2022.

Pemenang juara satu, dua, dan tiga berhak mendapatkan uang pembinaan, trofi, dan sertifikat yang sudah disiapkan oleh panitia. Sedangkan juara keempat dan kelima mendapatkan sertifikat (Jurnalis Rishje)