Maulid Akbar Dan Haul Tuan Syekh Abdul Qodir Al Jailani – Pesantren Sunan Gunung Jati Dihadiri Sultan Keraton Kacirebonan

Cirebon – menaramadinah.com
Ribuan jamaah memadati peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati, Kali Sapu Kabupaten Cirebon. Jamaah yang hadir khusyu dalam mengikuti rangkaian acara, mulai dari pembacaan Maulid, Tahlil dan Tausiyah.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini memang kegiatan rutin dan sekaligus Haul Tuan Syekh Abdul Qodir Al Jailani Ra. Kita ingin dalam peringatan ini bisa meneladani Rasulullah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,”ungkap Pengasuh Ponpes Ust Al Muhajir.

Beliau mengungkapkan juga, peringatan Maulid tersebut dihadiri santri, jamaah dan tokoh masyarakat serta para kiyai dan Habaib turut menghadiri peringatan tersebut, tampak hadir PRA Abdulgani Natadiningrat – Sultan keraton Kacirebonan, Habib Alwi Bafaqih – Tegal, Habib Qoshim Bin Yahya – Indramayu, Habib Salim Al Jufri – Jakarta Dan KH Saiful Anwar – Bekasi dan lainnya.

Bahwa Nabi Muhammad SAW adalah suri tauludan sepanjang zaman. Saat ini, para Ulama dan Kiyai yang meneruskan perjuangan Nabi. Beliau menambahkan pendidikan masa depan yang paling baik adalah yang menjunjung tinggi nilai kemandirian, pembentukan karakter, kreatifitas dan intelektual.

Menurutnya, persayaratan pendidikan tersebut ada pada pesantren. Karena di dalamnya diajarkan kemandirian, karakter dan intelektualitas. Mereka juga akan meneladani kiyai sebagai ulama pewaris nabi. (hsn)