MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 94 TAHUN DI SMP NEGERI 3 ROGOJAMPI

Banyuwangi-menaramadinah.com, Kegiatan memperingati hari sumpah pemuda ke 94 tahun, yang dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Oktober 2022 di halaman SMP Negeri 3 Rogojampi berlangsung dengan khidmat dan meriah.

 

 

Kegiatan memperingati hari sumpah pemuda kali ini dilaksanakan dengan 2 agenda acara yaitu upacara bendera dan peragaan busana pakaian adat nusantara.
Diawali dengan dengan upacara bendera yang berlangsung khidmat, para peserta upacara baik Bapak/Ibu guru, staf tata usaha dan seluruh peserta didik kelas 7,8 dan 9 memakai pakaian adat nusantara sebagi bentuk representasi ke Bhinekaan Tunggal Ika.

Dengan mengambil tema “Semangat sumpah pemuda, mari kita bulatkan untuk bersatu dan bangkit demi Bangsa Indonesia”, Upacara bendera dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan yaitu Bapak. A. Musta’inbillah, S.Pd.

Dalam sambutannya Wakil Kepala Sekolah menyampaikan peringatan hari Sumpah Pemuda merupakan sebuah kegiatan dalam rangka menumbuhkan rasa nasionalisme dan persatuan serta kesatuan antar semua pemuda Indonesia.

Seperti yang disampaikan oleh bapak A.Musta’inbillah, S.Pd, “Diharapkan anak-anak lebih bersemangat dan yang paling penting menimbulkan jiwa kepahlawanan, untuk mengisi kemerdekaan ini serta harus terus mendoakan para pahlawan kita” ujarnya

Sumpah pemuda pada dasarnya mengandung isi yang berlaku sepanjang masa, berlaku secara menyeluruh untuk masa kini hingga masa yang akan datang karena persatuan dan kesatuan adalah suatu tekad yang penting dalam suatu bangsa dan negara. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang ber-Bhineka tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap bersatu.
Diakhir sambutannya A.Musta’inbillah, S.Pd mengingatkan kepada peserta didik, peringatan hari Sumpah Pemuda ini menjadi langkah awal untuk mengingatkan diri agar kita harus bertumpah darah untuk Indonesia dan berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, layaknya Sumpah Pemuda, tegasnya.

Pada acara puncak memperingati hari sumpah pemuda, setelah upacara bendera seluruh peserta upacara khususnya peserta didik SMP Negeri 3 Rogojampi menggelar acara parade dan lomba fashion show antar kelas yang diikuti oleh perwakilan-perwakilan kelas 7, 8 dan 9. mereka menggunakan berbagai macam pakaian adat nusantara terbaik dan memperagakan seperti modelling tampil di halaman sekolah dan dinilai oleh dewan juri.
Dari hasil penilaian dan pemenang peragaan pakaian adat nusantara adalah sebagi berikut :

Juara 1 Arum Agustina Mulyani 8f, Juara 2 Bustanul Firdaus 9f, Juara 3 Nila Agustin 9a, Juara 4 Nur Haumairoh, Juara 5 Erina Muliansa Insani 9c
Sedangkan bapak/ibu guru yang memperoleh penghargaan dengan berpakaian adat nusantara adalah Bapak Muhammad Fahris, S.Pd, Ibu Novita Wulandari, S.Pd dan Bapak Sukarto, S.Pd. (Rishje)