Solusi Lokal Dapat Berkontribusi Pada Penyelesaian Masalah Global

 

 

Surabaya-menaramadinah.com-Dalam acara guest lecture glokalisasi S3 pendidikan dasar pasacasarjana universitas negeri surabaya mengadakan seminar yang sangat menarik tentang glokalisasi Pendidikan dasar dan kebetulan peserta yang ikut adalah mahasiswa S3 mata kuliah glokalisasi.

Pemateri memberikan hal tentang solusi lokal dapat berkontribusi pada penyelesaian masalah global namun dapat juga sebaliknya menjadi penyebab masalah global.Solusi keterbatasan persefektif terbatas oleh kebutuahan pribadi, karena keterbatasan itu akan berdampak pada linkungan luas,

Ketika bersama-sama memikirkan yang besar bersama-sama untuk memberikan solusi disetiap dinamika yang terjadi. Banyak hal yang diberikan oleh pemateri tentang isu global yang menjadi dampak negatif misalanya banjir,budaya, dan sampah dan banyak lagi. Demikian yang sampaikan oleh pemateri Mangaratua M. Simanjorang memberikan memberapa pertanyaan tentang bagaimana merespon masalah ini melalui Pendidikan. Kemudian ada mahasiswa S3 Pendidikan Dasar unesa sebut saja bapak sunanto memberikan memberapa pendapat untuk membangun kesadaran cinta lingkungan bisa di awali dari guru Pendidikan dasar pembelajaran kepada siswa tidak hanya cinta pada pengetahuan saja tetapi nilai-nilai cinta lingkungan bagian hal yang penting diterapkan ke siswa agar pola pikir tersebut akan tertanam kepada siswa berkelanjutan.

Jadi Pendidikan tidak fokus pada pengetahuan saja tetapi guru juga memberikan contoh dan nilai-nila menjaga kelestarian alam di dunia ini.

Siapa lagi yang haruslah menjaga lingkungan agar ramah. Lingkungan yang sudah di rusak akan mengakibatkan beberapa dampak buruk bagi manusia di alam ini. Buktinya sudah banyak terjadi di Indonesia maupun negara-negara lain. Banyak bencana alam yang disebabkan oleh rusaknya lingkungan.

Untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan harus dimulai sejak dini melalui guru atau tokoh-tokoh masyarakat harus satu pintu untuk bersama-sama menjaga alam mini dari kerusakan manusia sendiri.

Penanaman sikap menjaga dan merawat lingkungan ditanamkan mulai dari anak-anak sebagai generasi bangsa. Melalui proses pembelajaran yang diberikan oleh guru-guru yang di sekolah dasar.

Banyak cara mengatasi dampak kerusakan lingkungan hidup yang biasa anda lakukan. Untuk menanggulangi tentunya berbeda dengan pencegahan. Karena sudah terjadi maka harus di tanggulangi melalui pendidikan usia dini.23/10/2022