Kontingen Kirab dan Pawai Budaya SMPN 3 Sindang Indramayu Tampil Memukau di Hadapan Bupati Indramayu

Indramayu. 14/10/2022
Kontingen Kirab dan Pawai Budaya SMPN 3 Sindang Indramayu terpilih sebagai kontingen nomor tiga dari 13 peserta yang ditampilkan pada peserta kontingen pendidikan Tampil Memukau di Hadapan Bupati Indramayu.

 

SMPN 3 Sindang menampilkan tema unggulan berupa penampilan Hadroh Marawis khas SMPN 3 Sindang yang tampil sangat berbeda dengan kontingen-kontingen yang lainnya .

Walaupun begitu, kontingen SMPN 3 Sindang juga menampilkan tim lain yang mengawalnya berupa rombongan para penari tari topeng, beberapa gadis dan jajaka lndramayu dengan pakaian tradisional khas indramayu dan membawa sebakul mangga serta diiringi oleh tim anak sekolah berseragam batik khas Paoman lndramayu serta dikawal oleh para guru dengan berpakaian batik yang tampil narsis.

Bukan sesuatu yang aneh bila SMPN 3 Sindang lndramayu menampilkan kontingen Tim Hadroh Marawis khas SMPN 3 Sindang, karena Hadroh Marawis khas SMPN 3 Sindang sudah cukup dikenal dan disegani di kancah percaturan dunia Hadroh Marawis di lndramayu. Tim hadroh Marawis SMPN 3 Sindang telah Beberapa kali menjuarai lomba dan kompetisi Hadroh di tingkat lokal hingga wilayah tiga Cirebon untuk bersaing baik di tingkat sekolah ataupun tingkat umum untuk bersaing dengan dunia pesantren. Beberapa prestasi membanggakan diantaranya juara 1 Hadroh antar SMP dalam Jumpa Pelajar Islam (JPI), juara 2 festival Hadroh umum Yamaha dalam HUT lndramayu, dan finalis Hadroh umum terbuka RCTV se-wilayah 3 Cirebon.

Dalam kesempatan penampilannya kontingen Kirab dan Pawai Budaya SMPN 3 Sindang berhasil tampil memukau di hadapan Bupati lndramayu yang didampingi para perwakilan dari Kesultanan Cirebon yang terdiri dari Kesultanan Kasepuhan, Kesultanan Kanoman dan Kesultanan Kacirebonan serta para artis nasional. Dalam kesempatan penampilannya perwakilan kontingen SMPN 3 Sindang memberikan bauqet bunga sebagai ucapan selamat Hari Jadi lndramayu ke-495 yang diterima dengan senang dan bangga oleh Bupati lndramayu, Hj. Nina Agustina, SH. MH. CRA.

Pembina ekstrakurikuler Hadroh Marawis SMPN 3 Sindang, Hj. Suniyah, S.Ag. yang diwawancai di dalam kontingen saat pawai mengatakan bahwa SMPN 3 Sindang lndramayu dari tahun ke tahun sudah sangat dikenal sebagai Juara Hadroh Marawis dan festival sholawat di wilayah lndramayu dan bahkan dianggap saingan terberat dalam setiap kompetisi dan festival Hadroh, apalagi di tingkat SMP.

Sementara itu penanggung jawab lapangan kontingen Kirab dan Pawai Budaya SMPN 3 Sindang lndramayu, Hj. Dini Sucita Asih, S.Pd.Kim. mengatakan, ” Sengaja kami memilih dan menampilkan kontingen Hadroh Marawis, karena tema-tema lain sudah diambil oleh kontingen SMP lainnya seperti gadis Ngarot, wayang, para pesilat, penari topeng dan lainnya. Sebenarnya tema tersebut kami juga siap dan punya, tetapi ternyata Hadroh tidak ada yang mengambil dan mau menampilkan”.

Kepala SMPN 3 Sindang lndramayu, Tariwan, S.Pd. MM. ditemui awak media di sekolahnya mengatakan bahwa dirinya merasa bangga dan mengucap syukur Alhamdulillah, kontingen kami bisa tampil memukau dan membanggakan baik di hadapan Bupati maupun masyarakat yang melihat Kirab dan Pawai Budaya di sepanjang lintasan pawai. Di mana kontingen dan peserta dari SMPN 3 Sindang tampil berbeda dan penuh semangat .
(jaya)