*Kepengurusan SNKI periode 2022-2027 resmi dikukuhkan dan dilantik.*

Yogyakarta menaramadina.com, Pengukuhan dan pelantikan
Pengurus Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia ( SNKI ) periode 2022-2027 pada Minggu (28/8). Pengukuhan tersebut dilangsungkan di nDalem Yudhonegaran di Jl. Ibu Ruswo, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

 

Pelantikan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Pengurus tentang Susunan Pengurus SNKI Masa Bhakti 2022-2027 . Dilanjutkan dengan pengukuhan dan penyerahan Bendera Pataka SNKI.

GBPH Yudhaningrat berharap pengurus baru SNKI lebih gigih lagi ke depannya menyangkut perkerisan Nusantara.

“Semoga dengan pengukuhan SNKI yang baru ini semua keris yang ada di Nusantara ini bisa terdekteksi dengan sertifikat SNKI,” ujar adik Sri Sultan Hamengku Buwono X tersebut.

Acara yang dihadiri oleh Ketua Umum SNKI Fadli Zon, GBPH Yudhaningrat selaku pembina, Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta I Nyoman Sukerna , tokoh- tokoh nasional serta jajaran pengurus SNKI dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya,
Ketua Umum SNKI DR. H. Fadli Zon sesaat dilantik mengucapkan pidato sambutannya sebagai Ketua Umum SNKI Periode 2022-2027 yang telah dilantik dan dikukuhkan.

“Semoga kepengurusan yang baru ini menjadi kepengurusan yang kokoh dan solid,” ucapnya.
Menurutnya, pengukuhan SNKI ini tidak hanya sekedar seremonial belaka, namun sebagai pemicu untuk menggairahkan dunia perkerisan yang sudah diakui Unesco 25 Nopember 2005 sebagai Warisan Dunia.

Lebih lanjut Fadli Zon mengatakan keris merupakan salah satu kekayaan nasional sehingga perlu dijaga dan dirawat.

Menurutnya, SNKI berusaha semaksimal mungkin menggerakkan lebih banyak lagi pencinta keris terutama dari kalangan muda.

Lebih lanjut, “Kedepan, Satu hal lagi yang penting di SNKI adalah keterlibatan kalangan perempuan. Keris ini jangan terlalu didominasi oleh laki-laki,” kata legislator partai Gerindra di DPR tersebut.

Dikonfirmasi usai pelantikan, Fadli Zon mengaku bersyukur atas kepercayaan yang diterimanya menjadi ketua. Ia menyatakan siap menjalankan amanah sebaik mungkin demi sesuai dengan aturan organisasi.

“Sebagai manusia biasa tentu saya memiliki kekurangan, tetapi saya akan memaksimalkan kemampuan dan potensi yang saya miliki untuk kemajuan organisasi,” katanya.

Ia pun mengaku siap tancap gas untuk menjalankan beberapa program yang telah disiapkan. Beberapa di antaranya yakni, Sertifikasi Profesi ( LSP ) Perkerisan Indonesia, Peresmian Sekolah Nasional Keris Indonesia dan Peluncuran Kartu Anggota Online.
Menurutnya, hal itu penting dijalankan untuk meningkatkan kompetensi sehingga dapat menjalankan prosesi secara profesional, pungkas Fadli Zon.

Sementara menurut Pramono Pinunggul, S.Sn ketua panitia pelantikan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara pengukuhan dan pelantikan,
“Saya berharap kepada seluruh jajaran pengurus SNKI untuk dapat memiliki motivasi lebih dalam mengembangkan dirinya sehingga budaya perkerisan semakin digemari, tuturnya.
“Tentunya ini juga akan membangun stigma positif yang nantinya juga bisa bermanfaat bagi seluruh insan perkerisan , ungkapnya.

Fadli Zon dipercaya menjadi ketua SNKI Masa Bakti 2022-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres Daerah pada tanggal 20-21Juni 2022 lalu di Kampoeng Paseban Megamendung , Puncak Bogor. (Pewarta KRT.Ilham/tim)