Tingkatkan Kualitas Lulusan, FEB Universitas Jember Gelar Webinar Nasional Peningkatan Kualitas Auditor Internal

 

Jember, 5 Agustus 2021- menaramadinah.com-Guna meningkatkan kualitas lulusannya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember menggelar webinar nasional bertema Perkembangan Internal Audit Praktisioner di Indonesia secara hibrida (5/8).

 

Webinar menghadirkan pemateri Governor Institute of Internal Auditors (IIA) Indonesia, Nur Mokhlas Sukaimi, MSc.AK,CMA. CGAP,CCSA,CRMA, PMIIA,CA,CPA,CISA., dan Halid Syahrani, IAP., staf Inspektorat Daerah Kabupaten Berau.

Nur Mokhlas Sukaimi, dalam paparannya mengatakan, pentingnya para auditor memiliki sertifikasi auditor. Pasalnya walaupun lulusan Program Studi Akuntansi sudah menyandang gelar dan memiliki prestasi akademik namun jika belum tersertifikasi sebagai auditor maka dirasa belum memiliki bekal yang lengkap untuk memasuki dunia kerja.

“Dunia kerja tidak hanya menilai dari IPK atau gelar saja, bahkan lulus cum laude pun belum dirasa cukup mengingat parameter tersebut adalah parameter internal perguruan tinggi. Oleh karena itu pening bagi lulusan Program Studi Akuntansi memiliki sertifikasi auditor sebab prosesnya melibatkan penguji eksternal selain tentu saja penguji internal. Oleh karena itu saya mengapresiasi FEB Universitas Jember yang memfasilitasi dan mendorong lulusannya memperoleh sertifikasi auditor,” ungkap Nur Mokhlas Sukaimi.

Kegiatan webinar dibuka langsung oleh Prof. Dr. Isti Fadah, M.Si, CRA. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember serta di moderatori oleh Dr. Siti Maria Wardayati, M.Si., AK., CA, CPA. Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember di Aula Multimedia FEB Universitas Jember.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Isti Fadah, M.Si, CRA., mengatakan setiap perguruan tinggi selalu berusaha agar setiap lulusannya segera terserap dunia kerja atau sukses menjadi wirausahawan.

Selaras dengan kebijakan Ditjen Dikti Kemendikbudristek melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang berusaha mensinergikan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja atau link and match.

“Salah satu cara yang ditempuh oleh FEB Universitas Jember untuk meningkatkan kualitas lulusannya adalah dengan mengikuti program Global Certification in Internal Audit yaitu sertifikasi Internal Audit Practitioner atau IAP bagi lulusan Program Studi Auntansi, dan Universitas Jember berada di antara 41 perguruan tinggi yang mengikuti Awareness Program Schools (APS) dalam plat form Inter Audit Academic Awareness Proram (AAP) di dunia.

Tidak hanya sertifikasi IAP kami juga telah menjalin kerjasama dengan lembaga sertifikasi akuntansi lainnya agar lulusan kami menjadi auditor internal dan akuntan publik profesional yang obyektif, kompeten, independen dan dipercaya,” katanya.

Webinar diikuti ratusan peserta dari mahasiswa, dosen, dan praktisi yang didalamnya terdapat 16 peserta yang akan mengikuti ujian sertifakasi IAP pada tanggal 6 – 7 Agustus 2022 yang diselenggarakan di FEB UNEJ khususnya Ruang Sidang Akuntansi dan Ruang Pasca Sarjana. (is)