Kirab dan Jamasan Pusaka Kediri

Kediri-Menaramadinah.com Minggu, 2 Agustus 2022, Kirab dan Jamasan Pusaka, di komplek Arca Totok Kerot.

 

Prosesi kirab pusaka dari halaman Balai Desa Bulu Pasar, Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, diikuti oleh tokoh-tokok budayawan dan komunitas-komunitas tosan aji di Kediri Raya dan sekitar nya.
Arak-arakan pusaka ini menuju tempat jamasan di Areal Situs Totok Kerot.

Kegiatan Kirab dan Jamasan Pusaka adalah sebagai salah satu wujud pelestarian budaya leluhur berupa pusaka-pusaka yang bernilai tinggi, yang sudah berusia ratusan tahun. Pusaka-pusaka itu berbagai macam antara lain, Keris, Tumbak, Cundrik dan lain-lain.
Kegiatan ini juga sekaligus mendukung Senapati Nusantara untuk menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Keris Nasional.

Puluhan keris dari berbagai daerah di Kediri Raya yang hari dijamasi.
Bertidak sebagai Juru Jamas adalah Ki Hardjito Mudho Darsono.

Kirab dan jamasan pusaka yang dilaksanakan oleh PATAKA(Paguyupan Antik Kediri) didukung oleh berbagai komunitas tosan aji lokal, daerah dan nasional yaitu Senapati Nusantara ini bisa menjadi wahana untuk menumbuh-kembangkan jati diri bangsa, dengan mengenalkan ‘cinta keris’ kepada generasi muda.

Selain itu pusaka bagi bangsa Indonesia bukan sekedar benda seni semata, tetapi juga dalam pusaka tersebut ada nilai-nilai spiritual yang tinggi, yaitu Tuah dan Tulah. Kekuatan yang masih dipercayai dan di ‘ugemi’ oleh bangsa Indonesia sampai saat ini. Dan akan terus diwariskan kepada generasi muda bangsa.

Nur Habib