Kebersihan Jamban, Salah Satu Janji Diri KPM

Kediri-Menara Madinah.Com Selasa Legi, 14 Juni 2022. Mencegah Stunting dengan menjaga ‘Kebersihan Diri dan Lingkungan’.
Hujan deras disertai geluduk yang bergemuruh, menakutkan dan petir yang menggelegar memekakkan telinga, di Desa Jlumbang, Kecamatan Kandangan tidak menyurutkan niat dan langkah Korkab PKH BAHRUDIN, yang akrap disapa dengan ‘Pak Udin’ untuk melihat dan mengecek kebersihan diri dan lingkungan beberapa rumah KPM PKH, terutama WC nya. Rumah yang dikunjungi antara lain; Lilik Muniroh, Winarsih dan Erna Diana Putri Dsn. Bukur Ds. Bukur.

Kunjungan tersebut merupakan bentuk dari upaya PPKH Kabupaten Kediri beserta seluruh SDM PKH, di seluruh Kecamatan dan Desa Se Kabupaten Kediri untuk turut serta secara aktif dan nyata dalam membantu pemerintah untuk penurunan angka stunting.

Kunjungan Bahrudin, Korkab PKH tersebut di dampingi oleh Nur Habib SDM PKH, yang bertugas di Desa Jlumbang, Desa Banaran dan Desa Bukur, juga Suparman SDM PKH yang bertugas di Desa Jerukgulung dan Desa Mlancu.Korkab PKH Kabupaten Kediri Udin menjelaskan bahwa menjaga kebersihan diri dan lingkungan yang penting untuk menanamkan ‘Budaya Hidup Sehat’ dengan pola hidup sehat ini bisa membantu dalam upaya pencegahan stunting.

Lilik Muniroh maupun Winarsih Ds. Jlumbang dan Erna Diana Putri dari Dsn. Bukur menjelaskan bahwa jamban dan WC yang dimiliki adalah merupakan bantuan pemerintah desa masing-masing.

Korkab PKH, Udin sangat mengapresiasi upaya jambanisasi oleh pemerintah.
“Alhamdulillah, sudah ada jamban, mari dirawat, dan dijaga kebersihannya, agar bisa di gunakan dengan baik dan aman* ajaknya.

Dia juga pernah tinggal di daerah yang sulit air dan juga masyarakatnya tidak memiliki jamban pribadi apa lagi WC, mereka memenuhi MCK/ Mandi, Cuci dan Kakus, secara bersama-sama di sungai atau mata air. Jadi bersyukurlah warga masyarakat disini yang oleh pemerintah sudah diupayakan untuk pemenuhan MCK nya.

Lebih lanjut dia juga berterima kasih kepada Pendamping/SDM PKH di Desa ini yang telah dengan telaten dan sabar mengajak dan memotivasi serta membimbing dalam hal membersihkan WC ini.

“Semoga apa yang sudah dilakukan para KPM PKH ini juga sekaligus mengajari anak-anak berpola hidup bersih dan sehat” pungkasnya.

Sementara itu Lilik Muniroh, Winarsih dan Erna Putri mengaku sangat senang dan berterima kasih telah dikunjungi Korkab dan Pendampingnya.

Senada dengan apa yang dikatakan Lilik Muniroh, Erna Diana Putri berkata “Alhamdulillah, bisa menambah ilmu dan semakin semangat menjaga kebersihan terutama wc”

Pada akhir kunjungan Udin, Korkab yang dikenal akrap dengan SDM PKH, dan juga KPM ini, mengingatkan bahwa kebersihan jamban atau jamban sehat itu adalah salah satu janji diri KPM, dan Kita berupa untuk memastikan bahwa janji diri itu dilaksanakan dengan baik.
Nur Habib, mengabarkan.