Serba Serbi Seblang Banyuwangi

Banyuwangi-menaramadinah.com-Kabupaten Banyuwangi, Sebuah Daerah yang terletak di Ujung Timur Pulau Jawa mempunyai banyak Keunikan Adat dan Budaya.Dari Sekian banyak Tradisi dan Budaya yang berkembang dan hidup di Banyuwangi, Ritual Tari Seblang menjadi Keunikan tersendiri.

 

Pertunjukan Tari Seblang ini menjadi atraksi yang menarik wisatawan.Ratusan orang baik dari Dalam Negeri dan Luar Negeri datang untuk menyaksikan seorang penari yang menari dalam kondisi trance (kerasukan) di atas panggung bundar yang diiringi gending khas seblang.Gerakan ritmis penari yang memakai omprok (mahkota) daun pisang menambah keelokan tarian ini.

Tradisi Seblang yang digelar setiap awal bulan Syawal, biasanya dimulai sejak 3 Syawal, dipercaya ‎bisa menghilangkan mara bahaya dan pagebluk.Kali ini Seblang telah dimulai sejak siang tadi Jumat (6 April 2022 ).

Keunikan lain dari Ritual Tari Seblang adalah Penari Seblang harus gadis muda yang ditunjuk leluhur melalui Proses mediasi. Seblang akan menari-nari dengan mata tertutup selama 7 hari berturut-turut, yang biasanya dimulai pukul 14.00 hingga menjelang Maghrib.

Banyuwangi Keren Abizz…🥰

Arif – Pegiat Pojok Baca Nahdliyyin