Harapan Besar Terhadap Perkembangan Bumdes.

Oleh : Moch Agus Slamet, SE, MM Wapemred menaramadinah.com.

Kehadiran bumdes bisa menjadi alternatif pengganti peran Koperasi unit desa.Hal ini di sampaikan penulis yang juga selaku wakil ketua himpunan pengusaha pribumi Jawa Timur usai berkunjung di bumdesma di wilayah kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar di sore hari ini.

Ketika di tahun 2007 saat menjabat sekretaris dewan koperasi, setiap hadir dalam rapat anggota koperasi,selalu memuji peran KUD yang berhasil di wilayahnya yang hampir ada kurang lebih tujuh KUD yang menjadi kebanggaannya.

Seiring perjalanan waktu,banyak KUD yang berguguran dan hanya menggantungkan hidup dari pelayanan pembayaran listrik saja.

Keheranannya selalu menyelimuti fikirannya kenapa sebuah lembaga yang di lengkapi dengan pergudangan, perkantoran, lantai jemur bahkan ada gedung pertokoannya, secara hampir serentah banyak yang mati suri.

Ke depan dengan kehadiran bumdes yang juga menyebar ada di masing masih desa bisa menjadi obat kerinduannya untuk kembali bisa melihat kebangkitan ekonomi pedesaan dengan tumbuh berkembangnya bumdes tersebut. Bagaimana tanggapan anda.?