Dosen dan Mahasiswa PLP 1 Unipa Apresiasi SMP PGRI 1 Buduran

SIDOARJO – menaramadonah.com-Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya melakukan penarikan mahasiswa peserta program PLP (Pengenalan Lingkungan Persekolahan) 1 di SMP PGRI 1 Buduran, Sidoarjo, Rabu (30/3/2022).

 

 

Sebanyak 22 orang mahasiswa dari berbagai program studi/jurusan kependidikan itu kembali ke kampus, setelah selama 1 minggu praktik observasi (pengamatan) di SMP PGRI 1 Buduran.

Penarikan mahasiswa tersebut dilakukan oleh Dr. Nunung Nurjati, M.Pd dan Haniem Faizah, S.Si, M.Pd sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL). Hadir dari SMP PGRI 1 Buduran: Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd; Kaur Kurikulum, Dra. Lasmi; Kaur Kesiswaan, Dra. Lilik Tri Utami; dan Kaur Humas, Drs. Koesmoko, serta para guru pamong.

Koordinator mahasiswa PLP 1, Dewi Himanul Agustin (dari Prodi PPKn) mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak SMP PGRI 1 Buduran, khususnya Kepala SMP PGRI 1 Buduran dan guru pamong. “Alhamdulillah , kami sudah bisa menyelesaikan PLP 1.

Semoga PLP 1 yang kami lakukan bisa bermanfaat. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan untuk peserta didik. Kepada semua warga sekolah ini, kami juga mohon maaf jika ada yang kurang berkenan,”katanya.

Perwakilan mahasiswa, Alfi Nudiana (dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris) mengungkapkan rasa senangnya telah bekerja sama dengan para guru SMP PGRI 1 Buduran, khususnya para guru pamong.

“Sangat banyak ilmu dan pengalaman yang kami peroleh. Semoga sekolah ini makin berprestasi dan terus berjaya,”ujarnya.
Dosen pembimbing lapangan, Dr. Nunung Nurjati, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala SMP PGRI 1 Buduran, para Kaur, dan guru pamong.

“Terima kasih, para mahasiswa kami sudah bisa belajar di luar kampus. Meski efektif hanya sekitar 1 minggu, namun telah banyak ilmu dan pengalaman yang diterima oleh para mahasiswa,”katanya.

“Sudah banyak hal-hal positif yang didapatkan para mahasiswa di sekolah. Bisa menjadi bekal jika kelak menjadi pendidik setelah lulus kuliah. Di antaranya tentang KBM, struktur organisasi sekolah, sistem administrasi sekolah, ekstrakurikuler, dll. Sesungguhnya waktu 1 minggu terasa kurang di sekolah yang banyak keunggulan ini. Insya Allah akan dilanjutkan dengan PLP 2,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Unipa yang telah member kepercayaan kepada SMP PGRI 1 Buduran sebagai tempat mahasiswa praktik. “Kami juga mohon maaf jika pelayanan kami mungkin ada yang kurang.

Meski judul kegiatannya observasi (pengamatan), kami arahkan bukan hanya mengamati. Tapi juga melakukan atau dilibatkan langsung dalam berbagai kegiatan sekolah sehari-hari,”katanya.
Menurutnya, para mahasiswa tersebut sudah diikutkan dalam berbagai kegiatan sekolah.

Di antaranya: istighotsah (doa bersama) untuk PPDB, senam pagi bersama, KBM (kegiatan belajar mengajar), dan ekstrakurikuler.

“Semangat mereka luar biasa. Semoga manfaatnnya juga luar biasa. Pesan khusus saya, para mahasiswa supaya benar-benar mempersiapkan diri menjadi guru khususnya dalam berpenampilan. Sebab, guru itu ‘digugu’ (dipercaya) dan ‘ditiru’ (dicontoh atau diteladani) para muridnya,”tambahnya.
(Koesmoko, Humas SMP PGRI 1 Buduran)