Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian PWI Jatim

 

Surabaya-menaramadinah.com-Memulai hari dengan memperkuat ikhtiar dengan menjadi narasumber dalam “Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) PWI Jawa Timur, Angkatan I, Senin (14/3/2022).

Dalam gelaran organisasi yang dilaksanakan di Ballroom PWI Jawa Timur, Jalan Taman Apsari, Surabaya ini, saya menyampaikan materi soal: Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD-PRT) PWI, UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) dan Pedoman Pemberitaan Media Siber (PPMS).

Sedangkan Djoko Tetuko, Ketua Dewan Kehormatan PWI Jawa Timur memberikan materi soal Kode Etik Jurnalistik, Kode Perilaku Wartawan PWI dan Tupoksi Dewan Kehormatan Provinsi.

Sementara Wahyu Kuncoro, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Jawa Timur menjelaskan soal Kerja kerja Jurnalistik di Era Digital dan Menulis Berita.

OKK ini merupakan program yang diamanatkan PD-PRT PWI Hasil Kongres XXIV di Solo, Tahun 2018.

OKK diperuntukan bagi wartawan yang akan menjadi anggota Muda PWI. Karena masih Angkatan I, beberapa Anggota Muda juga berkenan ikut untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya sebagai jurnalis.

Tujuannya, agar wartawan makin taat kode etik jurnalistik, regulasi hukum, makin independen dan profesional.

Machmud Suhermono