Komisi X DPR RI H. Muhamad Nur Purnamasidi Apresiasi Kinerja dan Pelaksanaan Program TA 2021 Kemenparekraf/Baparekraf RI

Senayan, Jakarta. Menara Madinah.com-DPR RI Komisi X mengapresiasi laporan Kinerja Kemenparekraf/Baparekraf RI Tahun Anggaran 2021.

Penyampaian yang disertai dengan capaian program-program, diperkuat data baik kualitatif maupun kuantitatif dengan parameter serta indikator yang terukur dan jelas.

Tanggapan itu dikemukakan H. Muhamad Nur Purnamasidi dari Fraksi Partai Golkar dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI, Senin (24/01/2022) dengan agenda Evaluasi Program Kerja TA 2021, Persiapan Program Kerja TA 2022. Juga penyerahan
Laporan Panja Desa Wisata dan Kampung Tematik oleh Syaiful Huda selaku ketua Komisi X kepada Menteri Sandiaga Salahuddin Uno.

Lebih lanjut Anggota Dewan yang Karib disapa Bang Pur ini menegaskan, tradisi penyampaian laporan bisa lebih disempurnakan lagi ke depannya, terutama terkait hambatan dan tantangan pelaksanaan program yang belum terealisasi.

“Saya sangat mengapresiasi penyerapan anggaran Kemenparekraf/Baparekraf RI yang mencapai 95,76 %. Seraya berharap tingginya serapan anggaran itu linier, berbanding lurus dengan capaian target, khususnya dalam Kontribusinya sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi nasional. Meski sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mengalami dampak luar biasa akibat Pandemi Covid 19. Tandasnya.

Lebih lanjut, Bang Pur menyoroti Desa Wisata untuk lebih ditingkatkan lagi dalam hal membangun kesadaran masyarakat dalam berwisata. Ini menjadi penting, sehingga masyarakat bisa terlibat secara pro aktif dan menjadi bagian integral dari ekosistem Desa Wisata itu sendiri. Menjadi keharusan untuk mempertahankan tradisi, keunikan/kekhasan serta kearifan lokal dalam proses pengembangan destinasi Desa Wisata. Ranupani, Lumajang yang mendapatkan penghargaan, masuk 50 Desa Wisata misalnya, bantuan untuk homestay ternyata bangunannya sama sekali tidak mencerminkan keunikan, prototipe masyarakat Tengger.

Selain itu politisi Dapil Jatim IV Jember Lumajang ini juga menyampaikan aspirasi, berharap acara Jember Fashion Carnaval (JFC) tahun ini bisa diselenggarakan secara terbuka untuk memantik wisatawan baik domestik maupun manca. Pungkasnya. (Om Iyan).