IKAWANGI BANDUNG SAMBUT ROMBONGAN MKKS SMPN BANYUWANGI

Menaramadinah.com-bandung 28/01/22. Bentuk perhatian dan empati komunitas Banyuwangi di Bandung yang dipimpin oleh H. Abdul Bari, S.T. sambut rombongan para Kasek dari tanah kelahiran Blambangan.

Kegiatan studi tiru pada Kasek ke SMP 5 Bandung, terendus oleh mereka. Sungguh rasa kekeluargaan anggota Ikawangi Bandung terlihat saat menjamu para kasek.

Maklum para kasek yang hadir ada yang berasal dari sekolah alumni, ada mantan gurunya, ada teman waktu sekolah, ada tetangga kampung.

Suasana benar-benar akrab dan kekeluargaan sangat terasa.
Di lantai atas Hotel Zest Bandung, pertemuan antara Ikawangi Bandung dan para kasek, dihadiri pula oleh aktivis asal Kampung Mandar kota Banyuwangi, yang juga mantan Ibu Wali Kota Bandung, Dr. Eng. Hj. Siti Muntamah.

Sangat ramah beliau juga berkenan bercerita tentang sedikit perjalanan hidupnya sampai di Bandung dan berhasil menjadi tokoh di tanah suaminya.

Perempuan hebat asal Banyuwangi ini juga akrab dengan Bupati Anas waktu masih aktif menjabat dan Ibu Ipuk, bupati penerusnya.

Sungguh menginspirasi ketokohan Ibu Hj. Siti Muntamah yang familier dipanggil ‘Umi’ ini. Patut dibanggakan dan sekaligus teladan baik beliau ini, terutama hebatnya dalam mengelola keluarga dan karirnya.
Ikawangi Banyuwangi di Bandung patut menjadi contoh bagi kota-kota lain.

Kekeluargaan yang diikat oleh emosional sekampung halaman, Lare Osing, Kabupaten Banyuwangi, tidak mempersoalkan perbedaan status sosial dan perbedaan lainnya. Semua dalam satu keluarga, kata Abdul Bari asal Temuguruh itu. Alumni ITB itu selalu mengikuti perkembangan yang terjadi di Banyuwangi. Apresiasi terhadap keberhasilan Banyuwangi menjadi kabupaten viral nasional bersama kota Bandung.

Sempat beliau memuji kesuksesan Bupati Anas membangun Banyuwangi. Mendoakan Banyuwangi di bawah Bupati Ipuk untuk bisa terus melambungkan Banyuwangi menjadi kabupaten penuh prestasi.
Dalam kesempatan itu, melalui WA pada seorang Kasek, H. Abdullah Azwar Anas, M.Si., Bupati Banyuwangi periode 2017-2021, sempat menyampaikan salam kepada saudara-saudara Ikawangi di Bandung.

Beliau juga mengapresiasi kegiatan MKKS dalam kegiatan studi tiru di kota Bandung, kota penuh prestasi itu. Gus Anas, juga meminta dukungan doa kepada para Kasek untuk kelancaran, keselamatan dan keberhasilan dirinya dalam membawa amanah, dalam memimpin lembaga negara (LKKP) yang baru lalu dilantik oleh Presiden.

Beliau meminta dalam suatu kesempatan para Kasek mengumpulkan anak-anak yatim, “sempatkan berdoa untuk kami dalam menjalankan amanah negara ini dengan selamat sesuai tujuan”.

Ketua MKKS SMP Banyuwangi, Supriyadi, M.Pd. mewakili rekan-rekan Kasek, mengucapkan terima kasih atas sambutan ‘dulur-dulur’ Ikawangi Bandung. Kekeluargaan Ikawangi sangat terasa. Kami terharu bisa dihadiri pula oleh Umi Siti Muntamah, Ibu Wali Kota Bandung. Dan beliau begitu familier dengan kami.

“Banyak yang kami dapatkan dari kegiatan studi tiru di Bandung”, cetus Kasek SMP 1 Banyuwangi itu. Semua yang kami dapatkan baik secara fisik maupun berupa konsep akan kami terapkan untuk melengkapi atau mengisi ruang-ruang kosong sesuai dengan potensi di masing-masing sekolah, cetusnya.
MR, Jurnalis Menaramadinah.com